Bali Tribune, Senin 21 Mei 2018
Diposting : 26 August 2016 14:51
redaksi - Bali Tribune
pramuka
Keterangan Gambar: 
Acara pembukaan Raimuna Kabupaten Gianyar 2016.

Gianyar, Bali Tribune

Sebanyak 224 anggota pramuka Penegak dan Pandega se-Kabupaten Gianyar mengikuti acara Raimuna Kabupaten Gianyar 2016 di Bumi Perkemahan Mawang Ubud dari tanggal 24 hingga 27 Agustus 2016. Keseluruhan peserta merupakan perwakilan masing masing ranting se-Kecamatan Gianyar. Hal ini terungkap pada acara pembukaan Raimuna Cabang Gianyar di Bumper Mawang, Kamis (25/8).

Raimuna adalah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang merupakan gabungan dari kegiatan Perpanitra (Pertemuan Pramuka penegak dan Pandega Putri - Putra), Peran Saka ( Perkemahan Antar Satuan Karya), dan Perkemahan Wirakarya. Sehingga Raimuna merupakan kegiatan pertemuan besar dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif, dan rekreatif dalam bentuk perkemahan.

Upacara pembukaan Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar 2016 yang disingkat dengan Raicab Gianyar 2016 dihadiri oleh perwakilan SKPD dan Forkopinda di lingkungan Kabupaten Gianyar, Kamabiran dan Kakwarran, para bendesa dan kepala desa beserta lingkungan di Desa Adat Mawang.

Raicab Gianyar 2016 di buka oleh Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarda Bali I Made Danayang dalam sambutannya beliau mengatakan Raicab Gianyar 2016 merupakan ajang kreasi bagi Pramuka Penegak dan Pandega dimana mereka akan bisa memunculkan hasil karya yang nantinya akan bermanfaat terhadap masyarakat sekitar. Para peserta juga dituntut agar bisa bekerja sama serta bertukar wawasan sehingga nantinya mereka akan bisa menjadi Pembina bagi rekan rekannya baik disekolah maupun dimasyarakat.

Ketua panitia kegiatan, I Made Bayu Mahardika, mengatakan, “Kegiatan pertemuan Pramuka Penegak Pandega yang berlangsung dari tanggal 24-27 Agustus 2016 ini mengusung tema “Bersatu Bersama Membangun Bangsa “Terdapat 6 kegiatan pokok dalam Raimuna Cabang Gianyar 2016, antara lain pertama pembinaan mental dan spiritual, Kedua kemantapan Jasmani, ketiga Wawasan Kebangsaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, keempat persaudaraan dan persahabatan, kelima peningkatan keterampilan, dan keenam Aksi Kepedulian Terhadap Masyarakat.

Acara Raicab Gianyar 2016 kali ini diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya Lomba Stand Up Comedy, Kebersihan Lingkungan, Pramuka Peduli, Lomba Fotografi, Pengembaraan, Sosialisasi HIV & AIDS, Pembudidayaan Lebah Madu, Kunjungan Ke Panti Asuhan, Karnaval serta Pentas Seni. Rangkaian upacara pembukaan Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar 2016 ini ditutup dengan peninjauan para undangan ke areal perkemahan yang telah ditata sedemikian rupa oleh para peserta kemah.