Bali Tribune, Jumat 21 Juli 2017
Diposting : 7 October 2016 14:24
Djoko Moeljono - Bali Tribune
kesehatan
Keterangan Gambar: 
KATARAK – Didampingi Project Manager YKI/JFF, Komang Wardana (kiri), Dandim 1611/Badung Letkol Czi M Leo Pola Ardiansa S, SH., (kanan) dan EAM DKPH Pandu Djojoadisoeprapto (jongkok/kiri) tampak tengah berdialog dengan Ni Made Ribug (tengah/duduk), usai menjalani operasi katarak di Br Kepisah, Pedungan, Densel, Kamis (6/10).

SUASANA di Balai Banjar Kepisah, Pedungan, Denpasar Selatan (Densel), Kamis (6/10) pagi kemarin sangat berbeda dari biasanya, bahkan sebelum sang surya menyinari Pulau Dewata, puluhan prajurit TNI AD se-jajaran Kodim 1611/Badung sudah “menduduki” lokasi yang dijadikan sasaran nonfisik TMMD ke-97/TA 2016 untuk penyelenggaraan kegiatan pemeriksaan kesehatan mata di Jalan Pulau Singkep, Denpasar.

“Setelah menunggu puluhan tahun lamanya, saya dan ratusan warga Pedungan, Densel, merasa bersyukur dan sangat senang serta terima kasih kepada bapak-bapak tentara yang peduli dengan warga di sini (Kelurahan Pedungan, red). Sekarang saya sudah bisa melihat dengan jelas setelah menjalani pemeriksaan mata dan mendapatkan kacamata gratis ini,” ujar Ketut Kota, warga setempat yang sudah berusia 78 tahun, sambil menunjukkan kacamata barunya itu.

Ungkapan senada dilontarkan Ni Made Ribug, nenek renta berusia 82 tahun yang juga istri Made Weji (almarhum), warga Br Pitik, Pedungan, Densel, usai menjalani operasi katarak pada mata sebelah kanannya. Didampingi Ketut, anaknya yang nomor 7 dari 11 saudara, sambil menitikkan air mata haru, Ribug berulang kali melontarkan ucapan terima kasih yang ditujukan kepada para prajurit TNI AD.

Bahkan Lurah Pedungan AA Gede Oka juga menambahkan, melalui kegiatan TMMD ini, belasan ribu warga dari 14 banjar yang ada di lingkungan Kelurahan Pedungan tersebut merasa bersyukur. “Seluruh warga kami merasa senang dan sangat gembira, apalagi dalam kegiatan seperti ini dapat diberikan kesempatan untuk memeriksakan kesehatan mata, termasuk layanan operasi katarak serta pemberian kacamata secara gratis,” kata AA Gede Oka, didampingi Kasi Trantib Ketut Sudama.

Dandim 1611/Badung Letkol Czi M Leo Pola Ardiansa S, SH., selaku Dansatgas TMMD menjelaskan terselenggaranya kegiatan tersebut merupakan salah satu sasaran nonfisik TMMD untuk mensejahterahkan masyarakat, sekaligus sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat. “Prajurit TNI itu berasal dari rakyat, dan selama ini berupaya semaksimal mungkin melakukan pengabdiannya yang terbaik untuk rakyat, termasuk dalam penyelenggaraan pelayanan pemeriksaan kesehatan mata dan pemberikan kacamata secara gratis dengan menggandeng pihak Artha Graha Peduli (AGP) dan Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI),” jelas Dandim, didampingi Kasdim Mayor Inf Dedy Heriyadi dan Pasiter Kapten Inf I Made Mustika.

Executive Asistant Manager (EAM) Discovery Kartika Plaza Hotel (DKPH) Pandu Djojoadisoeprapto, selaku Koordinator AGP Bali Nusra menuturkan, pihaknya tidak pernah membatasi jumlah warga yang ingin memeriksakan kesehatan matanya sekaligus mendapakan kacamata gratis. Untuk pelayanan operasi katarak yang juga secara cuma-cuma itu, pihaknya menggandeng YKI/The John Fawcett Foundation (JFF) yang dikomandoi Komang Wardana, selaku project manager.