Bali Tribune, Rabu 13 Desember 2017
Diposting : 14 August 2017 22:16
redaksi - Bali Tribune
BALI MANDARA
Keterangan Gambar: 
Bali Tribune

BALI TRIBUNE - Konsistensi pelaksanaan berbagai program Bali Mandara yang dimulai dari Jilid I (2008-2013) dan berlanjut ke Jilid II berbuah sederet prestasi dan penghargaan. Dalam bidang tata kelola keuangan, Pemprov Bali berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selama empat tahun berturut-turut. Masih dalam konteks tata kelola pemerintahan, pelan tapi pasti Pemprov Bali terus menyempurnakan memperbaiki Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) sehingga pada tahun 2016 memperoleh nilai BB.

Sejalan dengan upaya mewujudkan tata kelola administrasi keuangan yang lebih baik, aktualisasi sejumlah program unggulan Bali Mandara juga berhasil menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional hingga internasional. Dalam dua tahun terakhir, inovasi program Bali Mandara berjaya dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) Tingkat Nasional yang dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Di tahun 2016 lalu, RS Mata Bali Mandara dengan proposal berjudul ‘Kami Datang, Penglihatan Terang’ berhasil menembus TOP 35 dan berhak mewakili Indonesia pada ajang serupa di tingkat internasional. Menyusul kesuksesan tersebut, tahun ini tiga program Bali Mandara yaitu Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS), Simantri dan SMAN Bali Mandara berhasil masuk TOP 99 dan saat ini tengah dinilai untuk penentuan TOP 40.

 

Kinerja PT Jamkrida Bali Mandara (JBM) juga mampu menyita perhatian nasional sehingga tahun ini dinobatkan sebagai TOP BUMD Asuransi & Jamkrida. Lebih dari itu, Gubernur Pastika dinobatkan sebagai TOP BUMD karena keberhasilannya membina PT JBM sehingga berkembang pesat. Penghargaan ini cukup bergengsi  karena TOP BUMD merupakan  satu-satunya kegiatan corporate rating terbesar dan paling komprehensif di Indonesia. TOP BUMD merupakan penghargaan tertinggi dan bentuk apresiasi yang diberikan kepada BUMD terbaik di Indonesia atas achievement dan improvement yang telah dilakukan terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. Selain dinobatkan sebagai TOP BUMD Asuransi & Jamkrida 2017, PT JBM juga telah mendapat pengakuan OJK sebagai Perusahaan Penjaminan yang sehat. Pengakuan ini diperoleh karena PT JBM selalu menjalankan usaha susuai dengan aturan yang berlaku dan yang telah ditetapkan. Masih dalam kaitan dengan upaya penguatan sektor ekonomi, dua kali berturut-turut Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali berhasil meraih penghargaan terbaik di Kawasan Timur Indonesia.

Pada bagian lain, Pemprov Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Mangku Pastika juga tak mengabaikan upaya penguatan seni dan budaya sebagai penopang pembangunan sektor pariwisata. Selain intens melakukan pembinaan, Pemprov Bali juga menambah ruang apresiasi bagi seniman untuk mempertunjukkan hasil karya mereka. Selain pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB), dalam beberapa tahun terakhir Pemprov juga mengoptimalkan pemanfaatan Taman Budaya dengan menggelar Bali Mandara Mahalango dan Pesona Budaya Bali Gelar Seni Akhir Pekan (GSAP) Bali Mandara Nawanatya. Atas komitmennya dalam pelestarian Seni dan Budaya Bali, baru-baru ini Gubernur Bali Made Mangku Pastika meraih Penghargaan Siwanataraja dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi atas komitmen Pastika di bidang penguatan seni dan budaya. Gubernur Pastika dinilai turut berperan dalam memajukan kesenian dan kebudayaan daerah sehingga seni menjadi lebih semarak. Di bawah kepemimpinannya, Pastika memberi ruang seluas luasnya bagi para seniman untuk berkarya dan berinovasi. Masih berkaitan dengan komitmen penguatan seni dan budaya, Pemprov juga terus meningkatkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa Pakraman yang tahun ini telah mencapai Rp. 200 juta.