Diposting : 28 March 2016 14:47
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Selebrasi Yabes Roni, dkk usai membobol gawang PS Polri.

Gianyar, Bali Tribune

Tuan rumah Bali United mencatat rekor terbaik selama mengikuti turnamen, yakni mampu tembus semifinal Bhayangkara Cup 2016, setelah menang dramatis atas PS Polri 1-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu (27/3) malam.

Dengan kemenangan semalam, Bali United di tunamen ini finish di posisi kedua Grup B di bawah Arema Cronus, yang telah lebih dulu lolos ke semifinal. Sementara PS Polri, yang dalam laga ini hanya memerlukan nilai seri agar lolos semifinal, berada di peringkat ketiga.

Di semifinal mendatang, Bali United akan menghadapi juara Grup A Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, sedangkan juara Grup B Arema Cronus Malang akan ditantang Sriwijaya FC di Stadion Kanjuruhan Malang.

Dipimpin wasit Iwan Sukoco (Malang), Bali United langsung tampil menyerang. Gempuran-gempuran tersebut mampu merepotkan lini bertahan PS Polri. Menit ke-23 Bali United mampu menciptakan gol melalui sundulan Yabes Roni setelah mendapat bola liar di depan gawang PS Polri yang tidak mampu diantisipasi penjaga gawang Hery Prasetyo.

Tertinggal satu gol, PS Polri tidak mengendurkan serangannya dan sempat terjadi jual beli serangan di area jantung pertahanan kedua kesebelasan dalam laga itu. Hingga wasit meniup peluit panjang babak pertama, skor sementara 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah dalam laga yang berlangsung sangat ketat dan sengit tersebut.

Pada babak II, PS Polri mendapatkan peluang emas melalui sundulan Wirahadi pada menit 64 dan tendangan keras Gabriel Pulgaria pada menit 82 namun semuanya mampu diantisipasi dengan baik oleh penjaga gawang Bali United Rully.

Bali United yang dominan bermain bertahan akhirnya mampu mengimbangi permainan PS Polri dan tim tuan rumah itu sempat memberikan serangan balik ke jantung pertahanan lawannya. Dalam laga itu, wasit mengeluarkan enam kartu kuning yang masing-masing diberikan kepada pemain Bali United yakni Boby Satria pada menit ke-26, Kiko Insa pada menit ke-27, Gede Sukadana menit ke-46, Garcia Benato (menit ke-56) dan Ganjar Mukti (menit ke-61). Kemudian, satu kartu kuning untuk pemain PS Polri diberikan kepada Muhamad Hargianto pada menit ke-48.

Hingga wasit meniup peluit babak II berakhir skor tetap bertahan 1-0 untuk kemenangan tim tuan rumah Bali United. Atas kemenangan itu, Bali United berhak lolos ke babak selanjutnya dan menempati posisi “runner up”.

“Saya ucapkan selamat kepada Bali United karena sudah memenangkan dalam laga ini dan berhak lolos ke babak selanjutnya,” kata Pelatih PS Polri Bambang Nurdiansyah. Ia mengatakan, timnya bermain cukup baik, namun belum mampu memanfaatkan peluang yang ada sehingga lini pertahanan kecolongan dalam laga kali ini.

Pelatih Bali United Indra Sjafri mengatakan, anak asuhnya bermain sesuai arahan pelatih dan pihaknya optimistis ke depannya skuad tim yang berjulukan “serdadu tridatu” ini dapat bermain lebih baik. “Kami melihat anak-anak sudah ada perkembangan pesat dalam koordinasi permainan dan mudah-mudahan ke depannya terus memetik hasil positif,” ujar Indra Sjafri.