Diposting : 15 December 2018 07:56
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
PIAGAM - Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara menyerahkan piagam penghargaan kepada relawan PMI Kota Denpasar, Jumat (14/12) di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar.
 
BALI TRIBUNE - Pemerintah Kota Denpasar menggelar peringatan Hari Sukarelawan Internasional dan hari Sukarelawan PMI, Jumat (14/12) di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar.
Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara pada peringatan tersebut mengatakan, kerelawanan merupakan sebuah nilai universal yang telah ada sejak permulaan terbentuknya kebudayaan manusia. Suatu nilai kemanusiaan yang sederhana, yaitu gotong royong, tolong-menolong sesama, telah menjadi bagian dari budaya warisan bangsa. 
 
"Dengan kerelawanan kita bisa menggerakan partisipasi dan peran aktif seluruh anggota masyarakat untuk tujuan kemanusiaan," ujarnya.
 
Lebih lanjut Rai Iswara mengatakan, relawan merupakan jantung dari gerakan palang merah dan bulan sabit merah interrnasional. Dimana pada bulan Desember ini ada dua peringatan hari relawan, yakni peringatan hari relawan internasional pada tanggal 5 desember dan relawan PMI pun juga telah mendapat pengakuan dengan dinyatakannya pada tanggal 26 desember sebagai hari relawan PMI oleh Presiden RI pada tahun 2005 silam.
 
Untuk itu PMI semakin terpacu untuk meningkatkan manajemen dan pembenihan relawan melalui berbagai pendekatan, strategi pembinaan relawan dalam menyiapkan sumber daya manusia relawan PMI yang tangguh, baik mental maupun fisik, kompeten dan profesional untuk melaksanakan pelayanan kemanusiaan, membantu masyarakat yang mengalami kesusahan akibat konflik dan bencana.
 
“Pembinaan relawan selama ini telah mengalami evolusi acuan manajemen, pembinaan relawan dan mengembangkan kapasitas relawan dengan berbagai kegiatan terpadu melalui program adaptasi pengurangan resiko bencana dan pembentukan karakter remaja. Dan kita pantas bangga bahwa relawan PMI telah cukup memberikan nilai tambah serta telah memperoleh pengakuan dan penghargaan dalam kiprahnya di berbagai kegiatan, baik nasional maupun internasional, tentunya kerelawanan kedepanya harus tumbuh dan semakin kuat,” ungkap Rai Iswara.
 
Sementara Kadisnaker Kota Denpasar, IGA Rai Anom Suradi mengatakan, secara garis besar keberadaan PMI Kota Denpasar memiliki visi misi melaksanakan lima kegiatan pokok, yakni penanggulangan bencana, pelayanan sosial dan kesehatan, pengembangan dan pembinaan relawan, diseminasi dan donor darah. Dimana saat ini PMI Denpasar baru dilengkapi 3 unit ambulans siaga dan 1 unit mobil donor darah, yang mana hal ini masih kurang dan diharapkan kedepannya bisa bertambah lagi agar penanganan bencana bisa berjalan dengan cepat dan mudah.