Bali Tribune, Senin 18 Juni 2018
Diposting : 28 July 2016 14:04
habit - Bali Tribune
pembalap
Keterangan Gambar: 
Rio Haryanto

Jakarta, Bali Tribune

Pebalap Indonesia Rio Haryanto dijadikan daya tarik penonton oleh pemerintah Malaysia maupun pengelola Sirkuit Sepang untuk mengkampanyekan pelaksanaan kejuaraan balap jet darat Formula-1, yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, 1-3 Oktober 2016.

Direktur Tourism Malaysia, Ahmad bin Esa di Jakarta, Rabu (27/7) mengatakan, dengan adanya pebalap Indonesia pada Formula 1 diharapkan banyak masyarakat Indonesia yang bisa melihat secara langsung balapan paling bergengsi di dunia di Sirkuit Sepang. “Mudah-mudahan Rio Haryanto bisa menarik lebih banyak lagi penonton dari Indonesia. Apalagi selain Formula 1 di Sirkuit Sepang juga akan menggelar MotoGP pada akhir Oktober,” ucapnya.

Meski mengandalkan pebalap tim Manor Racing sebagai salah satu daya tarik, namun pihak Malaysia maupun pengelola Sirkuit Sepang hingga saat ini masih menunggu kepastian apakah pebalap asal Solo itu tetap berlanjut untuk bertarung di Formula 1. Saat ini posisi Rio Haryanto di tim Manor Racing cukup panas karena belum terselesaikannya pembayaran yang harus dilakukan. Besaran dana yang harus disetor adalah 15 juta dolar AS, namun hingga seri 11 ini manajemen Kiky Sport baru membayar setengahnya atau 7,5 juta dolar AS.

“Kami sangat bangga dengan Rio yang menjadi pebalap Indonesia pertama yang bisa turun di Formula 1. Kami berharap setelah seri Jerman akhir pekan ini sudah ada keputusan masa depan dia,” ujar CEO Dato Razlan Razali. Rio Haryanto, kata dia, merupakan harapan pebalap Asia di Formula 1 saat ini. Untuk itu pihaknya juga berharap anak pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati ini bisa menyelesaikan balapan jet darat bersama tim Manor Racing hingga akhir musim.

Demi memanjakan penonton dari Indonesia terutama pendukung Rio Haryanto, manajemen Sirkuit Sepang juga berencana membangun tribun tersendiri. Tribun yang akan dibangun sama dengan yang dikhususkan untuk pendukung Ferrari, Mercedes maupun Red Bull. “Makanya, harapan kami Rio Haryanto bisa lanjut hingga akhir,” katanya dengan optimistis. Sementara itu khusus untuk promosi Formula 1 dan MotoGP selain dilakukan di Indonesia juga sudah dilakukan di Thailand, India, Jepang dan Australia. Bulan depan dijadwalkan ke Singapura.