Bali Tribune, Kamis 19 Juli 2018
Diposting : 8 August 2017 18:05
Arief Wibisono - Bali Tribune
Ketut Sudikerta
Keterangan Gambar: 
Ketut Sudikerta

BALI TRIBUNE - Pemerintah Republik Rakyat China (RRC) akan memberikan Block Grant kepada pemerintah Indonesia dalam upayanya membantu pembangunan infrastruktur di beberapa pulau di Indonesia seperti, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Jawa dan Pulau Bali. Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta yang ditemui saat meninjau Pusat Perdagangan dan Informasi Hortikultura di Dinas Perkebunan dan Hortikultura di Denpasar, Senin (7/8).

"Kami mengajukan beberapa pembangunan infrastruktur di antaranya Pembangunan bandara Bali Utara, pengembangan kawasan Buleleng Barat dengan industri pariwisatanya, pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Bali Timur, Bali Barat, Bali Selatan dan Bali Utara, pembangunan rel kereta api yang akan mengelilingi Pulau Bali, pembangunan Stadion Ngurah Rai, pembangunan penataan Pura Besakih" kata Wagub Sudikerta.

Disebutkan, informasi bantuan RMB 100 juta yang  diberikan pemerintah China dalam bentuk Block Grant  (dana hibah) muncul saat dirinya menghadiri Rapat Kordinasi (Rakor) di Kementerian Kordinator Bidang  Kemaritiman beberapa waktu lalu.  Diharapkan dengan adanya pemberian bantuan dana tersebut bisa  untuk melaksanakan suatu kegiatan tertentu, baik dalam bidang pendidikan, pembangunan  sosial  politik,  hukum  atau  pembangunan  aspek lainnya dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan. " Saat pertemuan itu saya sampaikan, Bali sebagai pusat kegiatan internasional perlu perhatian lebih dalam membangun infrastruktur nya. Maka dengan sekilas Menteri langsung menyetujui," tuturnya.

Wagub juga mengatakan, dengan adanya bantuan tersebut otomatis realisasi pembangunan jalur kereta api, pembangunan jalan tol, bandar udara di Bali Utara, stadion Ngurah Rai dan pembangunan penataan pura Besakih bisa direalisasikan.

"Dari usulan pembangunan itu maka digunakan Keppres dalam mempercepat realisasinya  yang menggunakan Block Grant dari pemerintah China," tukas Wagub seraya menambahkan, dengan adanya percepatan itu, maka pihak kementerian bersama pihaknya rencananya akan meninjau lokasi yang diusulkan. "Begitu Keppres itu keluar maka realisasi semua usulan bisa dilaksanakan serentak," tutupnya.