Sales Mission Arabian Market 2018, Diparda Badung Sukses Luar Biasa Gelar Table Top | Bali Tribune
Diposting : 24 April 2018 14:45
I Made Darna - Bali Tribune
Kadisparda
Kadisparda Badung Made Badra saat menggelar Sales Mission Arabian Market 2018.
BALI TRIBUNE - Untuk yang kedua kalinya, perjalanan promosi ke Dubai Uni Emirate Arab dilakukan oleh tim promosi pariwisata daerah Kabupaten Badung pada 18-24 April 2018. Tim promosi tahun ini ke Dubai telah mengikutsertakan industri yang terdiri pengusaha atau pimpinan hotel berbintang, travel agent dan airline. 
 
Rombongan sales mission promosi pariwisata dipimpin Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Ir. I Made Badra, MM  ; Ketua BPPD Badung IGN Rai Suryawijaya, SE,MBA; dengan tim Dr. Ni Made Eka Mahadewi dan Kompyang Aya. Kegiatan ini menyertakan rombongan industri dari Bagus Retreat Resort, Discovery Kartika Plaza Hotel, Double Six Luxury, The Samaya Bali Resort, Karma Resort Hotel, Lawalon Hotel, The Seminyak Beach Resort and Spa, The Dream Villa, Uma Sapna Villa, Jambu Luwuk Hotel, Tjendana Villa, Bali Aero Travel, Babylon Holidays Bali, Bali Cemerlang dan pendukung dari hotel-hotel anggota PHRI Badung.
 
Dubai menjadi pilihan untuk dijadikan tempat promosi  karena kota ini adalah kota tempat penyelenggaraan Arabian Travel Market – ATM Dubai 2018. Tentunya harapan para seller dari industri pariwisata Badung adalah terjadinya transaksi dari pembeli (buyer) paket wisata Badung dan Bali.
 
Kunjungan wisatawan dari UEA yang datang ke Bali pada tahun 2017 memang bukan sebagai 20 besar Negara-negara yang  berkunjung ke Bali. Namun pertumbuhan wisatawan dari UEA ini memberikan dampak bagi tingkat hunian hotel di Badung Bali. 
 
Jumlah kunjungan wisatawan Uni Emirate Arab tahun 2017 adalah sebesar 1.803 wisatawan. Tahun 2018 ini kunjungan wisman dari UEA diharapkan mencapai sejumlah 2.810 atau dengan kenaikan 64,16% dari tahun sebelumnya. Secara keseluruhan jumlah kunjungan wisatawan Timur Tengah adalah sebesar 61.113 wisatawan. Jumlah pengeluaran wisatawan Timur Tengah, dapat dikatakan lebih tinggi dari pengeluaran wisatawan lainnya, yakni sebesar USD 1.750 per hari dengan lama tinggal 7 hari.
 
Pada 22 April 2018 Tim Promosi Pariwisata Badung telah melakukan program Sales Mission melalui agenda pertemuan penjual dan pembeli  pada pagi hari (breakfast meeting) di hotel Steigenberger Dubai dan pertemuan dengan wholesaler di event ATM Dubai. Dalam kegiatan ini hadir Mr. Fawad Khan, Sales Manager dari agen penerbangam Singapore Airline di Dubai dan wholesaler penentu kebijakan dalam perusahaan agen penjualan SQ. Jumlah ‘buyer’ - tour operator yang hadir sejumlah 50 orang sangat antusias dan acara berlangsung sukses luar biasa dengan acara yang dihadiri oleh Deputi Pemasaran Luar Negeri wilayah Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika: Nia Niscaya, Konsul Jenderal Dubai Arzaf Firman; wakil dari Konsul Jenderal Kuwait; representative VITO Nour dan undangan industri pendukung promosi pariwisata Indonesia di Dubai. 
 
Presentasi Badung terkini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Badung, Ir. I Made Badra, MM. Dalam paparannya disampaikan Kabupaten Badung menyiapkan atraksi wisata naik Unta, yang mendapat respon antusias dari para buyer di Dubai. 
Selain wisata naik Unta disepanjang pantai di wilayah Badung Selatan, paparan juga menyampaikan tempat wisata kuliner halal khusus bagi wisatawan Arab, yang dilengkapi dengan informasi wisata hiburan Jahana Street yang menjadi favorit wisatawan Arab yang milenial di Jalan Legian Kuta-Bali.  
 
Tujuan diselenggarakannya kegiatan Table Top ini adalah untuk memberikan informasi terkini tentang Badung dan mengharapkan para tour operator di Dubai mengirimkan wisatawannya ke Badung-Bali. Para buyer diberikan sejumlah door prize berupa 2 tiket gratis dari Singapore Airline dengan akomodasi gratis di sejumlah hotel di Badung-Bali.
 
Setelah agenda Table Top, agenda dilanjutkan dengan acara breakfast meeting di Steigenberger Hotel Dubai, 23 April 2018.  Pertemuan bisnis ini diikuti oleh Kadisparda Badung, Ketua BPPD Badung bersama tim promosi Badung, dengan pihak Singapore Airline dan beberapa agen perjalanan Dubai yang potensial. Tujuan yang diharapkan adalah menciptakan networking yang berkelanjutan dan pengiriman wisatawan Dubai melalui SQ dapat terus ditingkatkan.
 
Disisi lainnya, sebelum dilaksanakannya Table Top dan breakfast meeting, agenda tim promosi adalah menghadiri undangan Indonesia Night Galadinner yang digelar oleh Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI di Abudabhi, yang pelaksanaannya di Jumeirah Emiratees Hotel. Agenda berikutnya tim promosi ikutserta dalam kegiatan promosi wisata ATM (Arabian Travel Market) di World Trade Centre Dubai. Peserta seller dari kabupaten Badung-Bali masih mendominasi keikutsertaan pasar pariwisata dunia ATM Dubai ini. 
 
Dari sejumlah 80 seller dengan booth yang telah disediakan, sebanyak 60% pesertanya dari Badung-Bali. Setelah pihak industri hadir di event ATM ini, para seller melakukan roadshow sales ke para buyer yang berada di Oman, yang dikoordinir oleh Kementerian Pariwisata RI.
 
Wisatawan Arab adalah wisatawan yang mempunyai karakteristik unik dan perlu diperlakukan berbeda dari konsumen di bagian lain dunia. Perlu menjadi perhatian tentang perilaku, sifat, karakteristik, dan demografi wisatawan Arab Timur Tengah yang membedakannya dengan wisatawan lainnya. Wisatawan Arab umumnya memilih akomodasi yang mewah, barang yang mewah dan bermerk, menyukai wisata kuliner, hiburan termasuk didalamnya spa dan fashion. Terpenting bagi wisatawan Arab adalah yang menangani mampu berbahasa Arab. Hal ini tentunya menjadi perhatian industri pariwisata di Bali umumnya.
 
Sementara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Badung IGN Rai Suryawijaya,SE, MM menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran dan kerjasama para wholesaler dan buyer yang hadir, juga kepada seller yang telah turut menyukseskan acara Badung Table Top di Dubai. Kedepannya adalah para pelaku pariwisata yang menangani pasar Arab dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak ke Badung.