Diposting : 8 May 2019 19:08
Nyoman Astana - Bali Tribune
Sampah Berceceran di Jalan Raya, Bahayakan Pengguna Jalan
Bali Tribune/ata. Sampah terjatuh di badan jalan By Pass Dharma Giri Gianyar.

Balitribune.co.id | Gianyar - Pengangkut sampah malah berceceran di badan jalan. Pemandangan sampah tercecer ini tidak hanya mengusik, namun membahayakan pengguna jalan. Sampah tercecer ini terjadi di By Pass Mandara Giri, Buruan, Blahbatuh, Gianyar, Selasa (07/05/2019) pagi. I Wayan Gede Antarya (40), warga Desa Peliatan, yang melintas di By Pass Mandara Giri, Buruan, mengaku nyaris celaka. Dirinya tidak menyadari ada kantong plastik penuh sampah berceceran di jalan. Dia tak tahu dari mana asalnya. Diduga, sampah itu jatuh dari truk pengangkut.

“Saya sering lihat truk sampah penuh muatan melintas tanpa memasang jaring penutup bak. Saat dibawa, sampah berterbangan di jalan raya,” ujarnya. Demikian pula sampah terbungkus plastik besar berwarna hitam, tergeletak di tengah jalan yang akhirnya berserakan setelah dilindas mobil. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, Wayan Kujus Pawitra, memastikan, sampah tersebut tidak berasal dari truk sampah DLH Gianyar maupun truk sampah milik desa-desa di Gianyar. Asumsinya, jika dari truk sampah yang maka cecerannya tidak akan satu saja.

“Sementara ini, sampah dalam satu kantong kresek kemungkinan dibawa pengendara motor atau mobil,” ujarnya. Terlepas dari siapunpun yang menjatuhkan sampah di jalan, hal ini tetap menjadi perhatian serius pihaknya. Terlebih, Pemkab Gianyar sangat serius dalam penanganan sampah. Pejabat asal Desa Lebih itu mengakui, kondisi ini sangat mencoreng Pemkab Gianyar yang selama ini telah sukses mengurangi pembuangan sampah sembarangan dalam setiap event besar. Dia berharap, saat mengangkut sampah truk dsb ditutup menggunakan jaring ataupun terpal.

Hal tersebut untuk menghindari sampah jatuh ke jalan. “Kami imbau masyarakat supaya lebih cermat lagi saat membawa sampah ketika akan dibuang ke TPA Temesi. Sebab kondisi ini tak hanya terjadi kali ini saja,” ungkapnya. Diharapkan, semua pihak mendambakan kebersihan. Menurut dia, kuncinya ada di masyarakat. Kalau tidak mau berprilaku hidup bersih, maka Gianyar akan sulit menjadi kota bersih. Kalau ada masyarakat yang melihat ada kendaraan yang menjatuhkan sampah di jalan, silakan foto dan laporkan ke kami, pasti kami tindak,” pungkas Pawitra. (*)