Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 23 October 2017 08:19
Ketut Sugiana - Bali Tribune
PKTP
Keterangan Gambar: 
LOMBA - Nyonya Ayu Pastika didampingi Bupati Suwirta dan Nyonya Ayu Suwirta saat lomba PKTP.

BALI TRIBUNE - SD Negeri 2 Lembongan dan SMP Negeri 4 Nusa Penida terpilih mewakili Kabupaten  Klungkung dalam ajang Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Tingkat Provinsi. Tim Penilai yang dipimpin Ny. Ayu Pastika disambut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Suwirta, KPD terkait, serta ratusan siswa di SD Negeri 2 Lembongan diujung Jembatan Kuning Lembongan - Ceningan, Jumat (20/10).

SDN 2 Lembongan yang teletak di Pulau Nusa Ceningan ini merupakan sekolah Bupati Nyoman Suwirta dulu ketika mengenyam pendidikan ditingkat SD. Kontan saja Bupati Suwirta bernostalgia menceritakan bagaimana kisah masa masa SD-nya  yang sangat sederhana. Bupati Suwirta juga menyampaikan komitmen dan keberpihakan Pemkab Klungkug terhadap peningkatan kwalitas kesehatan.

Ketua Tim Penilai Ny. Ayu Pastika dalam sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakanya lomba PKTP adaah untuk meningkatkan pemahaman akan bahaya kanker. Sehingga pencegahannya bisa dilakukan sejak dini serta bisa dilakukan sosialisasi kepada masyarakat umum. Melalui lomba ini juga diharapkan timbul kesadaran diri untuk menjaga dan menerapkan pola hidup sehat.

Ketua YKI sekaligus Ketua Tim PKTP Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta dalam laporannya yang dibacakan Kepala Sekolah SDN 2 Lembongan  mengatakan telah melakukan berbagai kegiatan untuk pencegahan kanker sejak dini. Diantaranya  sosialisasi penguatan kelembagaan organisasi dan administrasi serta program, pembentukan Tim PKTP (Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna) Kabupaten dan Tim PKTP Program Sekolah SD, 8MP, SMA/K serta kelompok pelajar peduli kanker serta penyuluhan  kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok PKK/organisasi wanita, sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman pencegahan penyakit kanker.