Diposting : 12 January 2019 22:32
I Made Darna - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Petugas Damkar Badung nampak berjibaku memadamkan kebakaran alang-alang di Canggu, Jumat (11/1).
 
BALI TRIBUNE - Kasus kebakaran terus melanda Kabupaten Badung.  Jumat (11/1) kemarin saja ada dua  kebakaran melanda di tempat berbeda. 
 
Hal ini sontak menjadi perhatian serius Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Badung.  Petugas "sapu geni"  Badung pun dikerahkan untuk menjinakan api. 
 
Seperti yang terjadi di Canggu. Darmkar Badung direpotkan dengan kebakaran rumput alang-alang dalam jumlah yang cukup luas. Petugas yang mendapat laporan terjadinya kebakaran sekitar pukul 14. 00 wita di Jalan Paping Sekat Nelayan,  Canggu langsung bergerak menuju lokasi. Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.  Berkat kesigapan petugas api yang terlanjur melalap hamparan rumput alang-alang berhasil dipadamkan dalam waktu 30 menit. Tidak ada kerugian material,  namun kejadian ini sempat membuat was-was penduduk sekitar. 
 Sebab,  alang-alang yang dilalap si jago merah mencapai luas 1 hektar. 
 
Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Badung I Wayan Wirya yang dikonfirmasi,  membenarkan pihaknya mengerahkan enam unit mobil damkar untk memadamkan Kebakaran alang-alang di Canggu. 
 
"Iya,  begitu dapat laporan (kebakaran)  kita sudah kerahkan tim untuk membantu memadamkan api.  Total enam unit mobil damkar kita kerahkan untuk membantu memadamkan api, " ujarnya. 
 
Pihaknya menduga kebakaran ini disebabkan oleh sisa pembakaran ladang alang-alang milik salah satu warga sekitar. " Dugaan sementara ada yang membakar bekas potongan alang-alang yang berasal dari lahan Pak Purja dan merembet ke lahan lain.
 
Akibatnya alang -alang yang berada di lahan kosong ikut terbakar,"  jelas mantan Camat Kuta Selatan ini. 
 
Total luas alang-alang yang terbakar mencapai 1 hektar dengan tiga pemilik lahan. 
 
"Karena lahannya luas petugas kami sempat kesulitan.  Sehingga enam mobil damkar kami kerahkan,  biar tidak terlanjur meluas, " paparnya sembari menyebut tidak ada korban jiwa dan material dalam kebakaran ini. 
 
Selain kebakaran alang-alang,  pada waktu yang hampir bersamaan sebuah kebakaran juga terjadi di Jalan Ulun Sui,  Banjar Pesalakan,  Kelurahan Jimbaran,  Kuta Selatan. 
Yang terbakar adalah satu unit kulkal.  Beruntung kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik Ini tidak sampai merembet ke bangunan. Akibat kejadian ini,   Ni Kadek Suratmi selaku pemilik mengalami kerugian sebesar Rp5 juta.