Bali Tribune, Selasa 12 Desember 2017
Diposting : 26 July 2016 11:37
Hendrik b Kleden - Bali Tribune
yoga
Keterangan Gambar: 
Kegiatan yoga bersama di Lippo Mall Kuta, pada akhir pekan kemarin.

BERTEMPAT di Lobby Lippo Mall Kuta, produsen minuman kesehatan Kiranti menggelar yoga bersama wanita Bali pada akhir pekan kemarin. Kegiatan yang merupakan bagian dari kampanye “Stay Fresh and Healthy” agar wanita Indonesia untuk tetap sehat dan aktif bahkan di saat menstruasi.

Selain warga Bali, beberapa peserta juga merupakan warga asing. Hadir juga dalam acara ini Head of Corporate and Marketing Communication OT, Harianus Zebua, Public Relations OT Group, Michael Bliss, termasuk Senior Instruktur Komunitas Seger Oger, Anna Liparissa.

Harianus Zebua mengungkapkan, melalui kampanye stay fresh and healty ini pihaknya ingin mengajak wanita wanita Bali untuk tetap nyaman dan tidak terganggu dengan menstruasi. Kampanye juga ingin mengajak masyarakat untuk kembali menggunakan bahan-bahan alami dan rutin melakukan yoga.

“Banyak wanita memilih cara instan untuk menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi. Mereka tidak memperhatikan lagi efek samping dari apa yang diasup tubuhnya. Dan, ketika rasa nyeri dan tidak nyaman karena menstruasi menyerang, mereka cenderung malas bergerak, apalagi berolahraga.

Padahal olahraga mampu mempelancar aliran darah yang dapat mengurangi rasa nyeri itu sendiri. Oleh karenanya, kampanye ini menawarkan kepada para wanita Indonesia pilihan yang sehat dan terbaik, yaitu melalui bahan-bahan alami dan berolahraga khususnya yoga.

Anna Liparissa menambahkan, melalui beberapa gerakan yoga sederhana, rasa nyeri ketika menstruasi dapat mereda karena yoga membuat otot-otot menjadi lebih rileks.Salah satu gerakan yoga pencegah nyeri haid yang bisa dilakukan Janu Sirsasana (head to knee pose).

Gerakan yoga ini terang dia dimulai dengan posisi awal duduk dengan satu kaki lurus ke depan dan kaki yang satunya dilipat menyentuh paha kaki sebelahnya. Kemudian, sentuh bagian kaki yang diluruskan ke depan dengan menggunakan tangan dan kepala hingga menyentuh lutut.

Setelah itu, ulangi gerakan tadi pada kaki sebelahnya. Dikatakan Ana, setiap gerakan yoga memiliki efek terapis yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. Yoga juga mampu menenangkan pikiran. “Dengan semua manfaatnya, yoga sangat disarankan untuk dilakukan wanita saat periode menstruasinya,” ujar Anna.