Diposting : 25 June 2019 13:57
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Bali Tribune/ Dewa Teges
balitribune.co.id | Denpasar - Induk sepakbola Indonesia yakni PSSI Pusat menggelar pelatihan untuk pengurus yang dikhususkan bagi penjabat sekretaris di masing Asprov di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, dalam pelatihan nanti, PSSI menjalin kerja sama dengan UEFA atau badan tertinggi sepakbola di Benua Eropa.
 
Ketua Departemen Sepakbola Asprov PSSI Bali, Nasser Attamimy menjelaskan, program ini digelar dua gelombang, yakni pada bulan Juni dan Agustus dengan peserta 17 dari Asprov dan 3 dari PSSI Pusat.
 
"Jadi, Asprov PSSI Bali mendapar kesempatan di angkatan pertama dimana Sekum yakni Pak Dewa Teges akan menjadi peserta di dalamnya. Adapun kegiatan dilakukan pada 24 sampai 28 Juni di Jakarta. Saya sendiri selaku observer nantinya di kegiatan itu," ujar Nasser, Senin (24/6).
 
Sesuai dengan tema yang diusung yakni Secretary Academy, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja sekretariat di masing-masing Asprov dalam pembinaan dan pengembangan sepakbola di daerah.
 
"Instrukturnya didatangkan langsung dari UEFA. Kita selama ini tahu perkembangan sepakbola di Benua Eropa sangat luar biasa selain soal prestasi. Tentu saja ada manajemen yang bagus di dalamnya," tegas Nasser.
 
Adapun materi yang diberikan nanti kepada para peserta sebanyak 9 materi, hal itu adalah tata kelola sepakbola (football governance), strategi manajemen (strategy management), manajemen keuangan (financial management), manajemen operasional (operational management), pemasaran dan pensponsoran (marketing and sponsorship), komunikasi dan koordinasi (comunication), pengembangan sepakbola (football development), administrasi pemain (player administration) dan operasional pertandingan (match operational).
 
"Harapan kami semoga setelah mengikuti kegiatan ini, bukan hanya dunia sepakbola Bali semakin berkembang, juga secara luas untuk Indonesia," tandas Nasser.