Diposting : 13 June 2019 15:08
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune/ KERANG - Sejumlah pengunjung mencari kerang saat air Pantai Batu Bolong surut
balitribune.co.id | Badung - Pantai Batu Bolong yang berada di Canggu Kabupaten Badung menjadi salah satu pantai favorit wisatawan asing saat berwisata di Pulau Dewata. Jika siang hari, pantai ini diramaikan oleh turis asing terutama asal Australia. 
 
Pasalnya, di pantai tersebut wisatawan disuguhkan fasilitas untuk bersantai di kursi milik pengelola kafe yang berada di sepanjang bibir pantai. Ketika air pantai surut, kondisi ini biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan dan masyarakat lokal untuk mencari kerang ataupun hewan laut lainnya. Biasanya aktivitas berburu kulit kerang laut ini dilakukan oleh anak-anak kecil. Kerang tersebut kerap digunakan untuk mainan. 
 
Salah seorang pemilik penyewaan payung pantai, Erawati beberapa waktu lalu mengatakan, Pantai Batu Bolong memang lebih ramai dikunjungi wisatawan asing. "Wisatawan Australia yang tinggal di sekitar Canggu biasanya sering bersantai di sini. Mereka lebih suka menghabiskan waktu di pantai, baik untuk surfing ataupun hanya berjemur," katanya. 
 
Saat ini Pantai Batu Bolong menjadi salah satu tempat favorit wisatawan yang menyukai aktivitas pantai. Banyak hal yang menjadi alasan untuk memilih Pantai Batu Bolong sebagai tempat beraktivitas maupun menikmati liburan. Mulai dari suasana pantai yang sepi dan tenang, bersih hingga akses menuju pantai yang cukup mudah untuk dijangkau karena lokasinya yang strategis.
 
Pengelola warung makan di sekitar Pantai Batu Bolong, Wayan Adiana mengatakan jika 10 tahun lalu, pantai ini hanya digunakan oleh masyarakat lokal untuk berekreasi. Namun seiring perkembangan teknologi dan informasi, pesona Pantai Batu Bolong tidak saja dikenal oleh masyarakat lokal.
 
Pantai Batu Bolong kata dia lebih dikenal wisatawan asing karena dijadikan salah satu spot surfing terbaik di Bali. Pantai Batu Bolong menjadi spot surfing karena memiliki ombak dengan ketinggian mencapai 3 meter. Selain itu susunan karang di pantai ini masih cukup bagus. "Sehingga mampu menghasilkan pecahan ombak yang bagus dan cocok untuk surfing,” ucap Adiana. 
 
Selain sebagai tempat untuk berselancar, pengunjung yang datang ke Pantai Batu Bolong ada yang bertujuan untuk  berenang, foto pre wedding dan menyaksikan panorama matahari tenggelam.