Bali Tribune, Selasa 19 Juni 2018
Diposting : 7 February 2018 20:37
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Pelayanan
Keterangan Gambar: 
MPP - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Denpasar akan segera diresmikan di Gedung Sewaka Dharma Lumintang.

BALI TRIBUNE - Mall Pelayanan Publik Kota Denpasar segera diresmikan pada tanggal 12 Februari 2018 mendatang. Menjelang peresmian tersebut, Pemkot Denpasar telah melakukan berbagai persiapan di Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Sekda Kota Denpasar,  AAN Rai Iswara, Selasa (6/2) menjelaskan mengenai berbagai teknis yang akan dilaksanakan pada saat pelaksaan peluncuran Mall Pelayanan Publik Kota Denpasar, yang merupakan pengembangan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Graha Sewaka Dharma Lumintang Denpasar.

"Bila sebelumnya, pelayanan kepada masyarakat dalam cakupan intern, kini akan dikembangkan sejumlah pelayanan lain seperti imigrasi dan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Nantinya akan dilaksanakan juga penandatanganan Mou oleh Pemkot Denpasar dengan pihak - pihak yang  yang tergabung kedalam Mall Pelayanan Publik Kota Denpasar,’’ ujar Rai Iswara.

Rai Iswara mengatakan bahwa berbagai capaian yang telah diraih oleh Pemerintah Kota Denpasar seperti Penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) sebanyak 5 kali,  Penghargaan Kota Layak Anak,  Kota Cerdas, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 82,58 dan Index Kebahagiaan Masyarakat mencapai 74,63 dan penghargaan dari KPK.

"Hadirnya Mall Pelayanan Publik ini merupakan wujud dari komitmen pemerintah Kota Denpasar dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan serta meningkatkan daya saing" ujar Rai Iswara.

Mall Pelayanan Publik (MPP) adalah bentuk inovasi guna memperluas dan mempermudah akses perijinan. Dengan adanya MPP ini, segala bentuk perijinan pertanahan dalam naungan Badan Pertanahan Negara (BPN), SKCK, termasuk perpajakan, hingga pelayanan pembuatan SIM dapat dilakukan di Gedung Sewaka Dharma.

Kepala Dinas PM dan PTSP I Made Kusuma Diputra  mengatakan  nantinya, segala bentuk perijinan pertanahan dalam naungan Badan Pertanahan Negara (BPN), pelayanan pembuatan SIM, SKCK, termasuk perpajakan dapat dilakukan di Gedung Sewaka Dharma.

“Konsep ini sudah dirancang lama, memang tujuannya untuk mempermudah masyarakat dalam menyelesaikan segala bentuk perijinan, jadi sekali masuk gedung ini semua sudah bisa terselesaikan. Pelayanan BPJS memang sudah ada, dan sudah membuktikan sangat memudahkan masyarakat, sekarang dilengkapi dengan pelayanan lain, tentu harapannya dapat lebih mempermudah pelayanan untuk masyarakat,’’ tambahnya.