Diposting : 13 February 2018 22:27
I Ketut Sugiana - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
PERESMIAN - Bupati Suwirta saat peresmian tempat olah sampah setempat Sudha Siti, di Desa Dawan Klod.

BALI TRIBUNE - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berpesan, kepada Dinas Terkait dan Tim STT PLN kedepannya  dalam melakukan sosialisasi Program TOSS Gema Santi ke desa-desa lainnya, harus menyertakan bukti dari Desa-Desa yang sudah menjalankan Program ini, yang disampaikan ketika Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta menghadiri acara Peresmian Tempat Olah Sampah Setempat bernama Sudha Siti, berlokasi di Desa Dawan Klod, Minggu (11/2).

Bupati Suwirta menyampaikan rasa bahagia karena sudah ada beberapa desa di Kabupaten Klungkung yang mengimplementasikan Program TOSS Gema Santi. Ia mengharapkan agar tempat pengolahan sampah  dapat ditindaklanjuti untuk dapat menghasilkan pelet dan dapat  membantu kebersihan diu Desa Dawan mengurangi menumpuknya volume sampah yang dihasilkan di Dawan Klod perharinya. Kepada desa-desa lain di Kabupaten Klungkung agar segera merespon program ini, karena untuk menjadikan Klungkung bersih, tidak harus menyediakan TPA. Dengan Mengimpelementasikan Program ini, masyarakat dapat membersihkan sampah desa masing-masing  dan masyarakat juga mendapatkan nilai ekonomis dari hasil Program  tersebut.

Operating System Program TOSS dari STT PLN Herwansyah menyampaikan TOSS merupakan program pengolahan sampah yang dikembangkan oleh sekolah tinggi teknik PLN, Hasil dari program ini bisa dipakai bahan bakar untuk proses memasak dan dapat digunakan untuk energi listrik, program tersebut dikembangkan kurang lebih dua tahun yang lalu. Program Toss  bisa menggunakan sebagian sampah anorganik yang sudah menyatu dengan sampah organic, seperti sampah plastik, yang dapat diolah dengan menggunakan metode peyeumisasi, Pelet yang dihasilkan dari metode tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar memasak dan energi listrik.

Perbekel Desa Dawan Klod I Nengah Suardita dalam sambutannya menyampaikan tujuan mengimplementasikan Program TOSS di Desa Dawan Klod, adalah agar Kesehatan  masyarakat dan kebersihan di Desa Dawan Klod  bisa terjaga, dan nilai ekonomis yang terdapat di Program TOSS merupakan bonus dari jerih payah masyarakat desa  dalam menjaga kesehatan dan kebersihan di Desa Dawan Klod.

Kegiatan Peresmian ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta dan Camat Dawan Anak Agung Gde Putra Wedana, beserta undangan terkait lainnya.