Bali Tribune, Minggu 22 April 2018
Diposting : 15 August 2016 14:52
Robby Patria - Bali Tribune
musisi
Keterangan Gambar: 
Shaggydog

SETELAH hampir tiga tahun lamanya bergelut, akhirnya Shaggydog sukses luncurkan album baru bertajuk Putra Nusantara.

Suatu perjuangan yang panjang dan lama untuk mewujudkan album keenam ini, mulai dari mendirikan Doggy House Records sampai mengurusi tetek bengek keperluan rekaman dan promosi. Akan ada 12 lagu yang dirilis format digital tepat pada hari kemerdekaan Indonesia. Sebagian mungkin terdengar familiar karena sudah dirilis sebelumnya dalam beberapa single terpisah maupun kompilasi, semisal Putra Nusantara, Bolamania atau Kamu Di Hatiku.

Akan tetapi keseluruhan materi tersebut direkam kembali di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja oleh sound engineer ternama Jogjakarta, Eko “Pak Ting” Supriyanto, serta dimastering di Abbey Road Studio, London, oleh Andy Walter. Tampak sisi musikalitas Shaggydog yang mereka sebut “Doggy Stylee” terdengar berkembang lebih luas di album terbaru ini. Ke enam bartender ini berani meracik genre musik lain ke dalam adukan khas Ska dan Reggae mereka.

Mulai dari Rap, Jazz, Dub, Elektronika sampai suluk (tembang berbahasa Jawa) terdengar berpadu-padan dengan mesra. Beberapa musisi lain turut membantu proses perkembangan sisi musikalitas di album ini. Semisal Iwa K yang nge-Rap di lagu Putra Nusantara serta Sujiwo Tejo dengan permainan saksofon dan menembangkan Suluk untuk Pion.

Ada juga Riri “Everyday” yang menyumbangkan vokal latar-nya yang nge-Jazz pada Kamu Di Hatiku juga Danar “Souljah” sebagai vokalis tamu pada beberapa lagu. Terdengar pula tehnik scratchdari DJ Kateratchy di Bianglala serta alunan harmonika musisi dari Jepang, Tony The Weed, pada Kere Hore. Tidak hanya melibatkan seniman musik, Shaggydog juga melibatkan seniman bidang lain untuk album ini.

Agan Harahap yang selama ini dianggap sebagai maestro seni Photoshop di Indonesia didapuk sebagai artworker untuk cover depan album ini. Berbeda dengan keahlian yang selama ini membuatnya dikenal, Agan membuat sebuah pendekatan lain yaitu tehnik arsir dan gradasi dalam mereka ulang arti kata Putra Nusantara. Video klip Putra Nusantara yang digarap oleh Sidharta Tata (Kebon Studio) juga akan ditayangkan mulai 17 Agustus 2016 melalui akun YouTube Shaggydog.