Bali Tribune, Senin 21 Mei 2018
Diposting : 28 November 2017 21:52
Agung Samudra - Bali Tribune
UAS
Keterangan Gambar: 
UAS - Siswa SDN 4 Kubu Bangli ikuti UAS, Senin (27/11).

BALI TRIBUNE - Beberapa siswa pengungsi yang ada di Bangli mengikuti ulangan akhir semester (UAS). Seperti di SDN 4 Kubu, Bangli, di SD yang berdekatan dengan posko pengusina Kubu ini tercatat sebanyak 13 siswa pengungsi mengikuti UAS, Senin (27/11).

Kasek SD 4 Kubu I Ketut Nguwer mengatakan dari total awal siswa pengungsi yang masuk di SDN 4 kubu 91 siswa, namun pasca penurunan status sebagian besar sudah kembali kembali ke tempat asal.  "Yang menetap belajar disini sisanya  9 siswa,dan baru tadi masuk empat siswa, jadi total siswa yang ikut UAS 13 siswa," ungkapnya.

Untuk materi UAS yang diberikan pada siswa pengungsi merupakan soal yang disiapkan oleh sekolah asal. "Kami menerima tesk soal, namun beberapa kami terima melalui email, dan disini kami perbanyak. Antara dinas sudah melakukan koordinasi terkait pelaksanaan UAS, sebetulnya bisa mengikuti ulangan dengan soal yang sudah disiapkan sekolah sementaranya," jelasnya.

Pemeriksaan hasil UAS akan  dilakukan oleh guru di SDN 4 kubu. Hanya saja pihaknya masih bingung, nilai tersebut dikirim langsung ke sekolah asal atau melalui dinas.

SEmentara itu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli mengoptimalkan pendataan siswa pengungsi yang ada di posko induk dan posko di SKB Bangli, mengingat akan dilaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) baik di tingkat SD hingga SMA. Sekretaris Disdikpora Bangli I Nyoman Sedana mengatakan sudah mengerahkan kepala sekolah maupun guru-guru yang sekolah dekat pengungsian agar melakukan pendataan siswa. “Rencana ulangan hari ini, belum bisa terlaksana karena pengungsi masih berdatangan, agar tidak tercecer, kami optimalkan pendataan," sebutnya.

Ditambahkan untuk soal ujian tidak ada yang berbeda meski ada perbedaan kurikulum yang diterapkan di sekolah asal dengan sekolah sementara di Bangli. Rencana ujian akan dilaksanakan di posko pengugsian, seperti di posko SKB Bangli, ruang ujian telah disiapkan mengingat jumlah siswa pengungsi cukup banyak, bila diarahan ke sekolah terdekat ruang tidak mencukupi. “Tidak perlu khawatir, soal akan langsung didistribusikan ke posko, akan ada pula pengawas ujian” tegasnya.