Diposting : 20 January 2020 07:54
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/Bupati Suwirta hadiri HUT Pariwisata Saraswati

balitribune.co.id | SemarapuraBupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri peringatan HUT Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Klungkung yang ke-43. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Pusat Ir. Bagus Ketut Lodji,M.S, Kadisdik Klungkung Dewa Gde Darmawan, serta undangan lainnya yang berlangsung di Aula Yayasan PR. Saraswati Klungkung, Jumat (17/1) Pagi.

Dalam Kesempatan tersebut, Bupati Suwirta memberikan ucapan selamat HUT ke 43 kepada Perguruan Rakyat Saraswati, dengan harapan agar selalu bisa eksis dan bersaing ditengah-tengah kompetisi  dunia pendidikan yang semakin ketat. Peran serta pendidikan dalam pembangunan di kabupaten klungkung juga sangat dibutuhkan mengingat perkembangan pariwisata di Klungkung sudah sangat pesat khususnya di daerah kepulauan Nusa Penida. Disaat dunia pariwisata sedang pesat di nusa penida, saraswati harus bisa membuat terobosan inovasi dengan cepat agar mampu menyediakan Sdm-sdm yang mampu bersaing dengan Sdm dari luar Klungkung. Karena Efisiensi tenaga manusia pada revolusi industry 4.0 dan bonus demografi menuntu kita untuk lebih berinovasi agar nantinya kita tidak kalang kabut. Pihaknya juga meminta kepada semua elemen pendidikan, agar tidak terlalu banyak teori dan menuntut anak-anak maupun siswa agar mendapatkan nilai 10, tetapi lebih kepada menerapkan pendidikan karakter. Konsep gema santi (masyarakat santun dan inovatif) itu bertujuan untuk menanamkan karakter kepada seluruh masyarakat kab klungkung. Bupati Suwirta juga menyampaikan bahwa Pemkab mempunyai program kapal pesiar gratis untuk masyarakat miskin yang mempunyai kompetensi dan keahlian di bidang pariwisata. Diakhir sambutan, Suwirta kembali menegaskan tentang Perda KTR yang sudah ada di Kab.Klungkung, dan meminta warung- warung maupun kabtin yang ada di lingkungan sekolah agar tidak menjual rokok. “di Klungkung sudah ada perda KTR, untuk warung maupun kantin yang ada di sekolah jangan sekali-sekali berani untuk menjual rokok, akan diberikan sanksi tegas apabila ada yang ketahuan menjual,” tegas Bupati suwirta.

Ketua Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Pusat Ir. Bagus Ketut Lodji,M.S, menyampaikan bahwa kondisi pendidikan mengalami banyak persaingan,  persaingan dibidang sarana prasarana, sdm, dibidang proses, oleh karena lembaga pendidikan khususnya sarawasti menyiapkan sdm dan bersiap mengahadapi persaingan tersebut. Kami yayasan perguruan rakyat saraswati pusat merasa bangga dan kagum atas penyelenggaraan pendidikan di saraswati klungkung ini, setiap tahun saat hadir, dilihat banyak perubahan-perubahan positif yang sangat signifikan.  Kedepan dalam mengahadapi persaingan di dunia pendidikan diharapkan semua keluarga besar saraswati klungkung menyiapkan sdm-sdm yang mampu bersaing dengan sdm dari luar. Agar meciptakan suasana asas kekeluargaan saat berada dilingkungan sekolah. Ikuti semua peraturan maupun pedoman-pedoman yang dibuat oleh pemerintah.

Sementara itu, Kepala sekolah I Gusti Made Suberata, menyampaikan adapun tema dari kegiatan ini yakni melalui  peringatan HUT Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Klungkung yang ke-43 Kita “Ciptakan Sumber Daya manusia yang Unggul, Berkarakter, Siap Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas dalam menghadapi Industri 4.0 Menuju Klungkung Unggul dan Sejahtera Berlandaskan Sat Kerthi Loka Bali”. Adapun rangkaian kegiatan peringatan HUT Yayasan PR. Saraswati yang ke-43 diantaranya dengan menggelar lomba-lomba ekstern dan intern serta lomba di bidang akademik dan non akademik ditingkat SMP sampai SMA. Untuk tingkat SMP, lomba yang digelar diantaranya lomba karaoke pop bali, lomba nyurat aksara bali, dan speech kontes. Untuk tingkat SMP perlombaan juga diikuti dari luar Kabupaten Klungkung yakni dari Karangasem bagian barat dan Bangli daerah timur yang dimana lokasinya dekat dengan Kabupaten Klungkung. Perlombaan tersebut berlangsung dari tanggal 6-7 januari 2020. Sedangkan untuk tingkat SMA hanya untuk interen dilingkungan sekolah saja. Yakni yang berlomba adalah antar kelas Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Klungkung. Lomba-lomba tersebut antara lain, di bidang akademik, lomba speech contest, mesatua bali, baca puisi. Di bidang seni budaya, lomba pemilihan putra-putri SMAPSA 2020, busana adat ke pura, nyuun sokasi, karaoke, vocal group, dan tari kreasi. Dibidang olahraga, tarik tambang, enggrang, dan terompeh panjang. Dan yang terakhir adalah dibidang pariwisata diantaranya lomba memasak nasi goring, making bed, towel art, memasak spring roll, membuat minuman (mixologi), merangkai bunga pagar, ikebana, dan fruit carving. Selain lomba sekolah juga menggelar kegiatan social yakni donor darah, resik sampah plastic yang digelar di Pura watu Klotok dan yang terakhir adalah kegiatan jalan santai yang dilakukan pada tanggal 12 januari 2020.