Diposting : 3 May 2018 22:32
Arief Wibisono - Bali Tribune
Akhmad Yani (kiri) dan   Nikolas Indra Optimawan.
Keterangan Gambar: 
Akhmad Yani (kiri) dan Nikolas Indra Optimawan.
BALI TRIBUNE - Ditengah ketatnya persaingan, berbagai terobosan dilakukan perusahaan penerbangan domestik nasional dalam meraup pasar  khususnya dalam melayani rute penerbangan mereka. Salah satu terobosan dilakukan Sriwijaya Air dengan  meluncurkan Sriwijaya Travel Pass (SJ travel pass). Dikatakan Sales Manager Sriwijaya Air District Denpasar, Nikolas Indra Optimawan, banyak kelebihan dengan adanya SJ travel pass ini bagi pemegang kartu antaranya, member bisa terbang setahun penuh free "unlimited" di dalam negeri, kemana saja, selama ada rute Sriwijaya Air. Harga SJ travel pass di kisaran Rp 12 juta untuk satu akun atau member.  "Jadi harga tiketnya itu nol rupiah, diluar biaya yang biasa tertera di pembelian tiket pada umumnya," ujar Niko begitu kerap disapa dari kantornya di Denpasar, Sabtu (28/4).
 
Niko menjelaskanPromo SJ travel pass yang dimulai dari 9/4 hingga 9/6 saat ini sudah berhasil meraup sekitar 4 ribu pemegang SJ travel pass. "Kelebihan dari pemegang kartu ini terutama bagi mereka yang sering traveling ataupun pebisnis, mereka bisa berangkat kapan saja dan selalu open. Harga tiket yang dipatokpun tidak ada istilah high atau low season," ungkapnya sembari menambahkan pihaknya bekerja sama dengan beberapa bank dalam mengakomodir para member.
 
Dari tempat yang sama District Manager Sriwijaya Air  Denpasar, Akhmad Yani menegaskan, mesti dipahami SJ travel pass tidak menggunakan top up atau deposit, pengertiannya bukan seperti itu. Pun ia mengungkapkan alasan hadirnya SJ travel pass atau kemudahan bagi member, pasalnya load factor pihaknya masih sekitar 85 persen. "Kita ingin meraup ceruk pasar yang 15 persen tadi itu," tukasnya.
 
Disamping itu, dengan hadirnya SJ travel pass sebenarnya menjawab para pelanggan yang sensitif pricing, jadi kalau harga tiba tiba fluktuatif, mereka bingung. "Nah dengan hadirnya SJ travel pass jawaban dari kegalauan penumpang yang kerap bepergian," sebutnya.
 
Diakui, pihaknya saat ini tengah membidik pasar penumpang yang galau akan fluktuatif harga tiket. Meski bagi pemegang kartu SJ travel pass bisa open kapan saja, tapi Yani menyarankan untuk hari hari besar sebaiknya direncanakan dulu perjalanannya. "Jangan sampai nanti ketika mereka go show langsung ke bandara mesti menunggu lagi, hal itu bisa dihindari dengan perencanaan terlebih dahulu," sebut Yani sembari menegaskan, SJ travel pass sangat memudahkan member dalam bepergian menggunakan Sriwijaya Air.