Diposting : 2 June 2016 15:00
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Kapal Roro
Keterangan Gambar: 
SANDAR - Tampak saat saat Kapal Roro Nusa Jaya Abadi uji coba sandar di Dermaga Gunaksa.

Semarapura, Bali Tribune

Suasana di seputar Dermaga Eks Galian C Gunaksa, Rabu (1/6), tampak sibuk. Tampak sejumlah pejabat teras Dishub Propinsi Bali dengan jajarannya  berjubel di seputar Dermaga Gunaksa tersebut. Situasi mendadak tersebut mendapat atensi dari sejumlah awak media cetak maupun elektronik biro Klungkung yang ikut luber di areal Dermaga.

Kadishub Provinsi Bali Drs Ketut Artika dengan seluruh anak buahnya termasuk Kadishubinfokom Klungkung Drs Nengah Sukasta tampak harap-harap cemas diseputar Dermaga sandingan Dermaga Mentigi Nusa Penida tersebut. Ketika diminta tanggapannya Kadishub Propinsi Bali Drs Ketut Artika mengakui pihaknya sedang melakukan persiapan langkah langkah uji coba sandarnya kapal Roro Nusa Jaya Abadi. “Kita menunggu kedatangan kapal Roro NJA untuk sandar pertama kalinya di Dermaga Gunaksa ini. Semoga sebentar lancar lancar saja,” ujarnya didampingi Kadishubinfokom Klungkung.

Di kejahuan tampak Kapal Roro NJA sudah membunyikan suara sirene untuk persiapan sandar. Sekitar pukul 13.20 Wita Kapal Roro Nusa Jaya Abadi akhirnya benar benar memasuki kolam dermaga Gunaksa,tampak sejumlah pejabat yang menyaksikan haraf haraf cemas menyaksikan persiapan sandar kapal tersebut. Akhirnya kapal benar benar sandra sekitar 20 menit ,kemudian kapal  kembali melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Padang Bai untuk menjemput penumpang yang sudah menunggu disana.

Terkait uji coba sandarnyakapal Roro NJA tersebut Kadishub Provinsi Bali Drs Ketut Artika memastikan uji coba sandar kapal Roro sudah berhasil. Ketika ditanya mengapa tidak menurunkan Rolling Door  ke darat, Artika mengakui itu tidak dilakukan karena kapal tidak membawa muatan. Terkait uji coba kan sudah dilihat sendiri kapal Roro sudah nyandar. Cuma  tadi tidak diturunkan Rum Door  karena  penilaian syahbandar  yang menilai belum layak. Dia memastikan  nanti ada kajian yang menganalisis  dan kendala dermaga Gunaksa ini.

Kadishubinfokom Klungkung  Drs Nengah Sukasta dengan tegas menyatakan dirinya  menilai uji coba Kapal Roro sandar sudah berhasil karena tidak membawa penumpang tidak diturunkan rum doornya. ”Ya sudah berhasil sandar nantinya kita kordinasikan lagi apa apa yang perlu diperbaiki,” kilahnya.

Kepala UPP Unit Penyelenggara Pelabuhan Nusa Penida Gde Putrawan mengakui sandar kapal Roro belum mulus karena ada tali  kros depan dua dan belakang dua duanya tidak kuat makanya rum door tidak  jadi diturunkan. Diakuinya saat uji coba sandar cuaca sangat kondusif.