Diposting : 30 July 2016 11:06
Arta Jingga - Bali Tribune
pemkab
Keterangan Gambar: 
TANDA TANGAN - Bupati Tabanan Eka Wiryastuti dan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta tandatangi MOU Distribusi Pemasaran Pangan, Jumat (29/7).

Tabanan, Bali Tribune

Sebagai daerah yang memiliki potensi yang luar biasa di bidang pertanian, Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Badung memiliki komitmen tinggi untuk memajukan bidang yang satu ini, di antaranya dengan melakukan kerjasama di bidang pertanian.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan MOU Distribusi Pemasaran Pangan oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta pada pembukaan Festival Budaya Pertanian Kabupaten Badung di Kawasan Jembatan Tukad Bangkung, Desa Pelaga Kecamatan Petang, Jumat (29/7). Penandatanganan MOU juga dilakukan oleh Kabupaten Bangli dan Buleleng. 

Bupati Badung Giri Prasata dalam sambutannya mengatakan MOU kerjasama yang dilakukan dengan Kabupaten Tabanan merupakan sebuah bentuk komitmen untuk melakukan Goverment and Goverment yang telah dimasukkan dalam tatanan RPJMD Semesta Berencana. Menurutnya, Kabupaten Tabanan memiliki potensi pertanian yang luar biasa yang diharapkan juga bisa memenuhi kebutuhan pangan terutama untuk kebutuhan hotel di daerah Badung Selatan.

"Kabupaten Tabanan adalah salah satu dari tiga Kabupaten lainnya yang kami gandeng untuk melakukan kerjasama di bidang pertanian. Mudah-mudahan kerjasama ini akan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat kami khususnya di Badung dan Tabanan, terutama bagi para petani," ungkap Giri Prasta.

Festival Budaya Pertanian yang dilakukan Pemkab Badung untuk ke 5 kalinya merupakan bentuk apresiasi kepada para praktisi di bidang pertanian. Menurutnya, Festival ini bertujuan untuk menggali spirit pertanian untuk mendorong sektor pariwisata. "Kegiatan pada festival ini meliputi pameran produk pertanian, demo aneka kuliner serta pengenalan objek pertanian di areal Tukad Bangkung," imbuhnya.

Bupati Eka menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena Tabanan dipilih sebagai salah satu kabupaten yang digandeng untuk bekerjasama dalam bidang pertanian oleh Kabupaten Badung. Menurutnya, Kabupaten Tabanan dan Badung memiliki potensi yang sama luar biasanya terutama di bidang pertanian. Sebagai Kabupaten yang mendapat julukan lumbung beras dan pangannya Bali, Kabupaten Tabanan selalu berkomitmen memajukan bidang pertanian karena masyarakat Tabanan juga sebagian besar terjun di bidang agraris.

"Suatu kehormatan bagi kita di Tabanan karena mendapat kesempatan melakukan kerjasama di bidang pertanian dengan Kabupaten Badung. Ini menjadi spirit bagi kita di Tabanan untuk terus memajukan bidang ini untuk kemajuan masyarakat kita di Tabanan yang mayoritas berprofesi sebagi petani," ungkap Bupati Eka Wiryastuti.

Dirinya juga berharap ke depan Kabupaten Tabanan juga bisa menyelenggarakan Festival Pertanian sebagai salah bentuk apresiasi terhadap para petani di Tabanan. Menurutnya, hasil komoditi pertanian di Kabupaten Tabanan sudah mendapat pengakuan dari dunia seperti padi dan kopi. Karena itu, pihaknya juga optimis akan bisa memenuhi kebutuhan hotel di daerah Badung Selatan seperti yang diharapkan oleh Pemkab Badung. "Kami berharap jalinan kerjasama ini juga akan berkembang dalam bentuk kerjasama di bidang lain. Sebagai Kabupaten yang masih berkembang, kami ingin mengadopsi banyak hal positif dari Kabupaten Badung," tandasnya.