Bali Tribune, Jumat 20 Juli 2018
Diposting : 11 July 2018 22:34
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Widodo Cahyono Putro
Keterangan Gambar: 
Widodo Cahyono Putro
BALI TRIBUNE - Bali United bakal menjamu PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Rabu (11/7) malam dalam lanjutan Liga 1. Meski di klasemen sementara PSM berada di papan atas, namun tidak ada alasan Serdadu Tridatu gentar menghadapi Juko Eja dalam laga tersebut. Bahkan, pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro bertekad meraup nilai sempurna dalam laga nanti.
 
“Kami tidak boleh gentar dengan nama besar PSM Makassar. Meski PSM berada di papan atas, kami harus meraih nilai sempurna untuk mendongkrak posisi kami di klasemen, walaupun hal ini tidak mudah. Selain kesiapan tim, yang paling utama adalah kerja keras pemain dan semangat pantang menyerah," tegas Widodo kepada wartawan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (10/7).
 
Terkait klasemen itu, Widodo juga mengatakan semua tim berpeluang menggeser tim-tim yang ada. Pasalnya, jarak poin antara papan atas, papan tengah dan bawah tidak terlalu jauh. Widodo juga menyebut beberapa pemain masih dipantau kebugaraannya seperti M. Taufiq, Andhika Wijaya. Sedangkan Agus Nova dipastikan absen karena mendapat kartu merah saat melawan Persebaya.
 
Terkait alternatif lini belakang terutama bek sayap, Widodo sudah menyiapkan beberapa nama seperti Dallen Dolke, Junius Rato Bate, Ahmad Agung, Taufik Hidayat dan Dias Angga Putra. Ada juga nama Ricky Fajrin yang biasa menghuni bek sayap kiri, namun kemungkinan Ricky akan ditarik agak ke dalam menjadi centre back.
 
Sementara di sektor depan, Irfan Bachdim masih belum bisa dimainkan. Bahkan, kata Widodo, Irfan Bachdim baru tiba di Bali sejak menjalani perawatan cedera di Belanda. "Kalau pemain absen saya rasa tidak ada pengaruhnya. Toh dipertandingan-pertandingan sebelumnya kami sudah biasa melakukan rotasi," tegasnya.
 
Soal kemungkinan diturunkannya rekrutan anyar Melvin Platje, Widodo mengatakan kemungkinan Melvin diturunkan saat lagan anti malam. Saat ini dia sedang mengurus KITAS di Singapura. Kalau memang selesainya cepat, dia bisa saja diturunkan," imbuhnya.
 
Sementara  pelatih PSM Makassar, Rene Robert Albert mengaku senang bermain di Bali, dan ini menjadi motivasi tersendiri bagi skuatnya untuk bermain bagus menghadapi Bali United dan menang.
 
"Suasananya nyaman, pemandangannya bagus dan tempat latihannya juga membuat kami fokus dalam berlatih. Sangat nyaman," ujar Robert Rene Albert usai latihan resmi PSM Makassar, kemarin.
 
Menurutnya, perjalanan jauh dari Makassar ke Bali terbayar dengan suasana Pulau Dewata yang menyejukkan dan membuat suasana hati para pemainnya kembali bersemangat. "Itu salah satu faktor untuk meningkatkan kepercayaan diri serta semangat pemain kami besok (hari ini-red)," tegasnya.
 
Mengenai prediksi pertandingan hari ini, Rene Albert menyebut tensi pertandingan akan berjalan sengit. Menurutnya, Bali United akan memainkan pertandingan menyerang dengan tempo yang cukup tinggi, apalagi di rumah sendiri.
 
"Saya tidak khawatir soal ketersinggungan pemain, seperti kejadian musim lalu. Saya yakin pertandingan berjalan menarik tanpa ada embel-embel insiden karena mereka sudah profesional," ujarnya.
 
Mengenai strategi dan bagaimana gaya bermain Bali United, Rene Albert menyebut tidak akan membeberkannya. "Kalau saya beberkan sekarang, mending besok (hari ini) tidak ada pertandingan," ucapnya sambil terkekeh.