Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 12 August 2017 12:56
Ketut Sugiana - Bali Tribune
lounching
Keterangan Gambar: 
LOUNCHING - Bupati Suwirta lounching gema butik atasi melubernya sampah plastik.

BALI TRIBUNE - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Anak Agung Kirana, Kepala Inspektorat Kabupaten Klungkung I Made Seger menghadiri Kegiatan Gerakan Masyarakat Berburu Sampah Plastik (GMBSP), di pertigaan Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Jumat (11/8).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Anak Agung Kirana menyatakan, GMBSP selain merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperingati HUT Republik Indonesia ke-72, gerakan ini juga merupakan komitmen Bupati Suwirta dalam menangani masalah sampah plastik yang ada di Kabupaten Klungkung. Gerakan Masyarakat Berburu Sampah Plastik ini dilakukan dengan tahapan, yakni mengumpulkan sampah plastik, memilah sampah plastic, kemudian mengolahnya kembali.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan GMBSP ini harus terus dilanjutkan. Gerakan ini tidak hanya dilakukan di pinggir jalan dan trotoar saja, tetapi akan berlangsung sampai ke kebun-kebun dan gorong-gorong. Ini adalah salah satu komitmen kita semua, masyarakat Klungkung untuk membersihkan bumi pertiwi kita dari sampah plastik yang nantinya akan menghancurkan kesuburan tanah. “Saya tidak mau Gerakan Masyarakat berburu Sampah Plastik ini hanya sekedar wacana saja,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengharapkan melalui gerakan ini masyarakat akan sadar untuk menjaga kebersihan sehingga tidak akan membuang sampah sembarangan, dan dapat melakukan pemilahan sampah. Gerakan ini dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, dan gerakan ini tidak bersifat keharusan karena gerakan ini merupakan gerakan kesadaran. “Apapun yang dilakukan dengan sadar, tulus, akan berjalan dengan baik,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta tunggu kesadaran masyarakat dan akan siap berada di Garda terdepan untuk menangani masalah kebersihan di Kabupaten Klungkung. “Jangan Pernah saling menyalahkan dan tidak ada kata terlambat untuk memulai,” tuturnya. Bupati Suwirta juga mengharapkan melalui GMBSP dapat menjadikan Kabupaten Klungkung semakin bersih. “Klungkung Bersih, Klungkung Asri, masyarakat Sehat, Salam Gema Santi,” tandas Bupati Suwirta.

GMBSP juga dilaksanakan di wilayah Pantai di Klungkung Daratan seperti di Pantai Tegal Besar, Pantai Klotok, Pantai Goa lawah, dan lainnya. GMBSP ini dilakukan oleh Pegawai Negeri di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung, siswa dari SD, SMP, SMA, para guru, aparat desa dan STT di wilayah Klungkung Daratan. Di Pertigaan Desa Gunaksa, didapatkan kira-kira sekitar 20 karung sampah plastik.