Diposting : 11 June 2019 14:11
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ LATIHAN - Para penari Jangkang saat latihan di GOR Nusa Penida)
balitribune.co.id | Semarapura - Event budaya Pesta Kesenian Bali menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Bali. PKB tahun 2019 memasuki event ke 41 dari sekian atraksi budaya, salah satunya Tari Jangkang Pelilit, Desa Pejukutan, Nusa Penida. Tari Jangkang salah satu tari sakral yang dipersembahkan saat upacara piodalan di Kahyangan Tiga Desa Pakraman Pelilit. Sesuai rencana Tari Jangkang Pelilit ikut dalam parade pembukaan PKB nanti. Persiapan tari dimatangkan dengan 80 penari. Latihan dengan melibatkan banyak penari, Gor Sampalan digunakan sebagai tempat latihan. 
 
Tari Jangkang Pelilit sebelumnya pernah ditampilkan pada penutupan Semarapura Festival IV lalu. Dan kembali akan  tampil pada pembukaan PKB sehingga persiapan dan pematangan kekompakan penari yang melibatkan masyarakat setempat,” ujar Sekretaris Desa Pejukutan, Made Arsana Atmaja. 
 
Menurutnya, penari Jangkang Pelilit ini akan tampil pada tanggal 15 Juni 2019 pembukaan PKB. Seperti diketahui kegiatan PKB dilaksanakan 15 Juni sampai dengan 13 Juli 2019. Sementara gladi sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu ,hadir melihat secara langsung persiapan dari Tim Kabupaten dan Provinsi. 
 
Kasi Sosbud Kantor Camat Nusa Penida I Wayan Sudana menyampaikan persiapan parade nanti yang menampilkan Tari Jangkang Pelilit pada pembukaan PKB, kami bersama masyarakat penari sudah melakukan persiapan dan pematangan penari. Melibatkan banyak penari tentunya kesulitan kita adalah kekompakan sehingga latihan bersama ini tolok ukur. 
 
Selain Tari Jangkang Pelilit, Kecamatan Nusa Penida juga mempersembahkan Sekaha Gong Anak-anak Bale Ganjur dari Desa Lembongan, Jegeg Bagus (Desa Jungutbatu) serta pecalang saat parade pembukaan. Pembawa kober ditunjuk 4 Desa (Bungamekar, Sakti, Suana dan Tanglad). Gladi nanti yang langsung dilihat dari Tim Kabupaten dan Provinsi pada tanggal 1 Juni.