Diposting : 7 February 2019 21:47
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Bali Tribune/ Tjhin Johanes
Bali Tribune, Mangupura - Pada helatan Porprov Bali XIV/2019 Tabanan, Pengkab Taekwondo Indonesia (TI) Badung menargetkan hasil sama dengan saat Porprov Bali dua tahun lalu di Gianyar, yakni juara umum.
 
Target tersebut agakanya tak berlebihan. Sebab, tim taekwondo Badung di Tabanan nanti bakal diperkuat taekwondoin putra dan putri yang berkualitas dan berprestasi nasional bahkan internasional.
 
“Tidak berlebihan dan cukup realistis jika kami menargetkan juara umum seperti hasil porprov sebelumnya. Ada tiga taekwondoin kami saat ini menghuni pelatnas, seperti Abdurrahman Wahyu, Evelyna Melinda dan Ni Kadek Heni Prikasih. Apalagi juga ketiganya kini dilatih pelatih nasional dan di back up oleh para pelatih lokal Badung,” kata Ketua Umum TI Badung, Tjhin Johanes, Rabu (6/2).
 
Untuk mencapai target juara umum, lanjut pria yang akrab disapa Jo ini, pihaknya telah mempersiapkan tim bayangan sejak jauh-jauh hari. Selain itu, lanjut dia, taekwondoin andalkan Badung sebenarnya targetnya di PON XX/2020 di Papua mendatang, dan Porprov Bali bakal menjadi ajang untuk melihat perkembangan kualitas teknik dan fisik termasuk prestasinya.
 
Tak dipungkirinya, tak hanya 3 taekwondoin penghuni pelatnas itu saja yang menjadi andalan, namun juga taekwondoin lainnya seperti Argya Virangga. Belum lagi taekwondoin putra dan putri yang menjadi pelapis, yang juga mampu mengalahkan seniornya. Taekwondoin muda yang diakuinya murni binaan Badung tersebut juga yang nantinya bakal turun di Porprov Bali.
 
“Sekarang ini tim bayangan taekwondoin Badung berjumlah sekitar 40 taekwondoin putra dan putri, baik di nomor poomse dan kyorugi. Nantinya setelah tim definitif bakal diciutkan menjadi sekitar 24 atau 26 taekwondoin,” imbuh Tjhin Johanes.
 
Proyeksinya, dalam TC Sentralisasi yang dipancang KONI Badung atau 3 bulan sebelum Porprov digelar, disebutkan jika TC bakal dilakukan di luar Bali selama 3 bulan, seperti persiapan di Porprov Gianyar 2 tahun silam.
 
“Persiapan itulah yang membuat kami juara umum dengan menyabet 12 emas di Porprov Gianyar, dan jumlah 12 emas itu minimal yang kami pancang target disabet di Porprov Tabanan nanti. Syukur-syukur bisa lebih,” pungka Tjhin Johanes.