Diposting : 30 July 2018 21:30
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
MEDHARMAYATRA – Sejumlah warga lansia Br Tegal Kori, Ubung Kaja, Denpasar Utara (Denut) bersama perwakilan dari desa lainnya mengikuti kegiatan medharmayatra ke Pura Tirta Empul, Tampaksiring, dan Pura Penataran Saseh, Pejeng, Gianyar, Minggu (29/7).
BALI TRIBUNE - MEWUJUDKAN keluarga sehat dan bahagia lahir batin, dalam kurun waktu tiga bulan terakhir Tim Penggerak (TP) PKK Kota Denpasar gencar dan rutin melaksanakan Posyandu Paripurna yang menyasar ke banjar-banjar. Termasuk mengajak puluhan anggota Posyandu Paripurna di Br Tegal Kori, Ubung Kaja, Denpasar Utara (Denut) untuk melaksanakan medharmayatra ke Pura Tirta Empul, Tampaksiring, dan Pura Penataran Saseh, Pejeng, Gianyar, Minggu (29/7).
 
Selama dua hari berturut-turut, Sabtu (28/7) dan Minggu kemarin, TP PKK Kota Denpasar mengajak ratusan lansia dari perwakilan 9 desa/kelurahan di 4 kecamatan (Dentim, Denbar, Densel, dan Denut) medharmayatra. Pihaknya juga mengerahkan belasan bus untuk mengangkut ratusan lansia ke tempat tujuan.
 
Pada hari kedua, Minggu kemarin, sedikitnya ada 8 bus yang mengangkut serta mengantarkan 280 warga lansia dari 4 desa/kelurahan (Kelurahan Sesetan, Desa Pemogan, Desa Ubung Kaja, dan Desa Dangin Puri Kaja) dari Kecamatan Densel dan Denut untuk mengikuti kegitan medharmayatra. Tim Penggerak PKK Kota Denpasar yang merupakan pendamping strategis pemerintah rutin melaksanakan sepuluh program pokok PKK, salah satunya meningkatkan derajat kesehatan melalui pelaksanaan Posyandu Paripurna.
 
Turut hadir sekaligus mengikuti kegiatan tersebut sejumlah pengurus Tim Penggerak PKK Kota Denpasar antara lain, Antari Jaya Negara, Ida Ayu Kerti Rai Iswara, Yanti Lodra, Sriyeni Merta Jaya, Ida Ayu Putu Widyani, juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa IB Alit Wiradana, Kadis Sosial Mertajaya, dan Ketua PKK Kelurahan Ubung Kaja Ni Nyoman Surmiati Mirta, serta Kepala Dusun (Kadus) Tegal Kori Ketut Subrata.   
 
Melalui kegiatan Posyandu Paripurna ini dimaksudkan untuk mensinergikan berbagai program lintas sektoral untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Sekaligus memberikan perhatian kepada para warga lansia untuk dapat secara berkesinambungan menjaga dan merawat kesehatannya.
 
Acara medharmayatra tersebut menandai berakhirnya kegiatan Posyandu Paripurna yang dilaksanakan selama tiga bulan terakhir dengan berbagai kegiatan, seperti penimbangan untuk balita, pemberian makanan tambahan, pemeriksaan kesehatan ibu hamil (bumil) dan kegiatan olahraga bersama bagi para lansia.
 
Sebelumnya, secara terpisah, ketika menutup secara resmi pelaksanaan kegiatan Posyandu Paripurna di Wantilan Br Tegal Kori, Ubung Kaja, Denpasar Utara (Denut), beberapa waktu lalu, Kepala Desa (Kades) Ubung Kaja I Wayan Mirta, ST., berharap para lansia dapat memelihara dan menjaga kesehatannya melalui olahraga bersama yang digelar rutin setiap seminggu sekali.