Bali Tribune, Senin 21 Mei 2018
Diposting : 24 October 2017 20:44
Release - Bali Tribune
BKKBN
Keterangan Gambar: 
Kegiatan BKKBN Bali

BALI TRIBUNE - BKKBN sebagai institusi pemerintah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program UPPKS. UPPKS merupakan wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat, yang sebagian besar anggotanya peserta KB dari Keluarga Pra-Sejahtera dan Keluarga Sejahtera yang aktif berusaha secara kelompok.

Dalam rangka meningkatkan kepedulian dan peran serta mitra kerja dalam pendampingan kelompok UPPKS di bidang usaha ekonomi produktif serta membangun kerja sama kemitraan dalam Pemberdayaan Ekonomi Keluarga melalui bantuan permodalan dan pembinaan kelompok UPPKS, Perwakilan BKKBN Bali, Rabu (18/10) lalu menggelar Kegiatan Forum Koordinasi dengan Mitra Kerja dalam rangka Meningkatkan Kualitas dan Akses Modal bagi kelompok UPPKS.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Ida Bagus Wirama, SH., M.kes menyampaikan UPPKS merupakan salah satu program yang bertujuan mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. "Peningkatan pendapatan usaha ekonomi keluarga merupakan salah satu bagian dari upaya pengentasan kemiskinan yang telah dicanangkan pemerintah dengan sasaran pada keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera I," ungkapnya.

Dikatakan, kelompok UPPKS dalam menjalankan usahanya sebagian besar belum didukung sistem manajemen yang tertib dan penguasaan teknologi yang belum optimal. Kendala lain adalah masih rendahnya akses permodalan, mutu produksi, kemasan dan terbatasnya pemasaran hasil usaha.

“Untuk itu, perlu dukungan pemangku kepentingan, kepedulian, peran serta mitra kerja dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas UPPKS dan juga untuk mempermudah akses permodalan bagi kelompok UPPKS. Melalui kegiatan ini diharapkan bagaimana kita mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dan keluarga secara berkesinambungan dan berkelanjutan dalam Program KKBPK, serta memberikan sumbangsih untuk membangun kulitas sumber daya manusia (SDM) sehingga mampu memberikan konstribusi positif untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” tambahnya.

Kabid KB KS P3AP2KB Kabupaten Gianyar, I Wayan Suteja, SKM., S.Kep. menyampaikan bahwa untuk di kabupaten Gianyar, pihaknya sudah sering melaksanakan kegiatan Tri Bina (BKB, BKR dan BKL) termasuk juga UPPKS.