Diposting : 7 November 2018 22:44
I Wayan Sudarma - Bali Tribune
Kadis Kebudayaan, Drs Gede Komang berikan pengarahan saat berlangsungnya pelatihan pecalang se-Kabupaten Buleleng di Gedung Sasana Budaya Singaraja, Selasa (6/11) kemarin.
BALI TRIBUNE - Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Kebudayaan setempat menggelar pelatihan bagi anggota Pecalang yang ada di wilayah itu. Berlangsung selama 2 hari, kegiatan dimaksud bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan akan tugas dan fungsi Pecalang.
 
Bertempat di Gedung Sasana Budaya Singaraja, pelatihan di hari kedua, Selasa (6/11) kemarin dihadiri oleh Klian Pecalang Desa Pakraman se-Kecamatan Tejakula. Adapun peserta pelatihan adalah, perwakilan anggota Pecalang dari 169 Desa Pakraman yang ada di Buleleng.
 
Disela-sela kegiatan Kadis Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Komang, M.Si menyebutkan, , pelatihan dimaksudkan untuk memberikan pembekalan bagi anggota Pecalang perihal batas kewenangan mereka selaku lembaga keamanan adat.
 
“Penilaian sebagian masyarakat, kesannya Pecalang agak arogan saat melaksanakan tugas, menghindari hal itu maka perlu ada klarifikasi melalui pelatihan guna peningkatan SDM pecalang,” tegasnya.
 
Lanjutnya, melalui pelatihan itu, anggota pecalang semakin paham batas-batas kewenangan yang mereka miliki khusunya melaksanakan tugas selaku lembaga keamanan adat di masing-masing Desa Pakraman.
 
Selaku narasumber pelatihan adalah, unsur Majelis Madya Desa Pakraman (MMDP) Buleleng, Polres serta unsur Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng.