Diposting : 7 April 2016 16:07
habit - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
DUKUNG – Bupati Tabanan Putu Eka Wiryastuti mendukung pelaksanaan UMBK saat mengunjungi UN di Tabanan, Rabu (6/4).

Tabanan, Bali Tribune

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tabanan Putu Santika meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 2 Marga, Rabu (6/4). SMKN 2 Marga merupakan salah satu dari 4 sekolah di Kabupaten Tabanan yang melaksanakan UNBK. Pelaksanaan UNBK pada hari itu berlangsung lancar dan Bupati Eka mendukung penuh pelaksanaan UNBK di Kabupaten Tabanan.

Bupati Eka mengapresiasi pelaksanaan ujian di SMKN 2 Marga yang berlangsung dengan aman dan lancar, seraya berharap pelaksanaan UN di sekolah lainnya juga bisa berjalan serupa. “Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMK Negeri 2 Marga berjalan dengan aman dan lancar. Siswa juga tampak tenang saat mengerjaan soal. Mudah-mudahan nanti hasilnya memuaskan,” ujarnya.

Terkait dengan penyelenggaraan UMBK ini dirinya sangat mendukung. Menurutnya ini merupakan salah satu bukti perkembangan kemajuan teknologi dan pendidikan di Kabupaten Tabanan. “Dengan menggunakan sistem ini, kita telah ikut mensukseskan program pendidikan secara nasional serta menciptakan suatu kinerja yang lebih efektif dan efisien,” ungkapnya.

Dirinya berharap pihak sekolah terus berkoordinasi dengan pemerintah melalui dinas terkait, sehingga bila ada permasalahan bisa segera ditindaklanjuti. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk  memajukan pendidikan secara berkesinambungan. “Mudah-mudahan ke depannya selalu ada kerja sama antara pihak sekolah dengan pemerintah, bila ada kesulitan bisa dibicarakan bersama, sehingga tidak menghambat kemajuan pendidikan kita,” harapnya.

Bupati Eka juga berharap pelaksanaan UN maupun UNBK di Kabupaten Tabanan bisa berjalan dengan baik dan sukses. “Saya yakin apabila para siswa kita bisa memahami dengan baik setiap mata pelajaran yang diujiankan, saya optimis tahun ini kita bisa mencapai hasil maksimal. Saya berpesan kepada seluruh peserta agar bisa mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh,” imbuhnya.

Kepala Sekolah SMKN 2 Marga Ketut Darmita Wirawan mengatakan pelaksanaan UNBK di SMKN 2 Marga tahun ini diikuti oleh 203 siswa, berlangsung selama 4 hari. “Ujian tahun ini diikuti oleh 203 siswa. Peserta ujian dibagi menjadi 3 gelombang/sesi, gelombang pertama sebanyak 70 orang,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksaan UNBK di SMKN 2 Marga berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.00, sesi pertama dimulai pukul 07.30, dan sesi terakhir pukul 16.00, dengan waktu ujian masing-masing sesi selama 2 jam. Ini merupakan tahun pertama pelaksanaan UNBK bagi SMKN 2 Marga. Untuk menghadapi pelaksanaan UNBK tahun ini pihaknya telah melakukan beberapa persiapan seperti simulasi pengerjaan dengan sistem komputer serta try out. “Kami mengadakan berbagai persiapan antara lain simulasi ujian, serta try out untuk memastikan bahwa siswa dapat mengerjakan ujian dengan baik dan hasilnya juga memuaskan,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tabanan Putu Santika mengatakan tahun ini, UNBK di Kabupaten Tabanan diikuti oleh 4 sekolah. “Empat sekolah yang melaksanakan UNBK yakni, SMAN 2 Tabanan, SMKN 1 Tabanan, SMKN 3 Tabanan dan SMKN 2 Marga,” jelasnya.