Diposting : 20 April 2019 18:20
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ PERBAIKAN - Tim teknisi sedang melakukan perbaikan traffic light di ruas jalan Kusumayuda, Bangli, Jumat (19/4).
balitribune.co.id | Bangli - Hampir setahun lebih  lampu pengatur arus lalulintas (traffic light) di ruas jalan Kusumayuda tidak berfungsi. Diduga tidak berfungsinya lampu trffic light tersebut karena  terjadi kerusakan pada sistem kabel. Untuk proses perbaikan  kini sedang berlangsung.
 
Kepala Dinas Perhubungan, I Gde Arta saat dikonfirmasi, mengatakan  untuk proses perbaikan memang sedang berjalan. Untuk pemeliharaan lamapu traffic light  di plot anggran Rp 75 juta. “Anggaran di peruntukan untuk pemeliharaan tiga  lokus  yang ada lampu traffic light,” sebut Gde Arta sembari menambahkan empat lokus dimaksud yakni  traffic light di pertigaan  Banjar Gunakasa, Kelurahan Cempaga, depan SMAN I Bangli dan Jalan Kusumayuda.
 
Menurut  Gde Arta  sering kalinya lampu traffic light  mengalami kerusakan lebih  dikarenakan faktor usia traffick light yang sudah tua. Untuk peremajaan  memang belum bisa dialkukan saat ini karena terbentur anggran. “Untuk pengadaan satu lokus traffic light yang baru bisa menghabiskan anggran ratusan juta, karena keterbatasan anggran pihaknya sebatas melakukan pemeliharaan  secara rutin,” jelasnya,  Jumat (19/4). Terkait  belum difungsikanya lampu traffic light di perempatan Catus Pata , kata Gde Arta  lampu traffic light tersebut merupakan bantuan dari Pemprov Bali tahun 2016, sampai saat ini asset tersebut belum diserahkan kepada Pemkab Bangli.
 
Salah seorang teknisi yang memperbaiki lampu traffic light di jalan Kusumayuda mengatakan untuk proses perbaikan sudah mulai kerjakan sejak sepekan lalu. Kerusakan terjadi pada sistem kabel. “Kabel seluruhnya sudah terbakar, praktis harus diganti secara keselurahan,” jelasnya.