Diposting : 12 October 2017 18:27
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
investor
Keterangan Gambar: 
Bali masih jadi daya tarik investor untuk berinvestasi

BALI TRIBUNE - Sebagai pulau yang dikenal melalui pariwisatanya, berbagai pihak pun tertarik untuk melakukan investasi di Provinsi Bali. Para pemilik modal atau investor tersebut tidak hanya dari dalam negeri juga sejumlah negara di dunia salah satunya Negara Hungaria yang terletak di Eropa Tengah. 

Konsul Kehormatan Hungaria di Bali, I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya mengungkapkan bahwa saat ini sekitar 150 hingga 200 orang Hungaria berada di Bali dalam hal bisnis di sektor industri pariwisata. Pertumbuhan pariwisata di Bali ini memicu warga Negara Hungaria berinvestasi di bidang pariwisata seperti hotel dan villa yang berada di Kabupaten Badung dan Ubud, Gianyar.

"Di Bali sekarang sudah ada Konsul Kehormatan Hungaria. Tugas-tugas konsul kehormatan di Bali yakni dibidang bisnis investasi, perdagangan pendidikan budaya dan juga pariwisata. Jadi ini yang paling penting untuk pariwisata juga karena tamu Hungaria banyak juga datang," jelasnya saat Inauguration Konsul Kehormatan Hungaria di Bali, Selasa (10/10).

Menurutnya, kedepannya pihak Hungaria dan Bali akan menjalin kerjasama dalam beberapa bidang sesuai apa yang dibutuhkan di Bali. Misalnya di pertanian, perkebunan, minuman maupun teknologi yang canggih. Kata dia Hungaria mempunyai teknologi perpajakan canggih dengan sistem yang sangat luar biasa.

"Kami menawarkan kerjasama itu. Selain berwisata orang Hungaria juga ingin berinvestasi di Bali. Untuk itu mari kita coba mengelink kedua negara ini antara Hungaria dan terutama juga Bali. Dia (Hungaria) perlu ada orang yang dipercaya di sini," ujar Suryawijaya yang juga Ketua PHRI Badung.

Pihaknya menyebutkan kunjungan wisatawan Hungaria ke Bali sekarang ini mencapai ribuan orang. Dia memperkirakan jumlah kunjungan  tersebut akan semakin meningkat mengingat Bali sebagai salah satu destinasi wisata bagi orang Hungaria karena tersedianya aksesibilitas dari Hungaria ke Bali. "Nanti akan lebih banyak lagi orang Hungaria ke Bali karena potensinya sangat luar biasa," cetusnya.

Sementara itu Duta Besar Hungaria untuk Indonesia, Judit Nemeth-Pach mengatakan Bali adalah pulau yang dikenal sebagai tujuan wisata dan banyak investor yang berinvestasi dalam bisnis pariwisata. "Kita punya experiment teknologi yang akan dibawa ke Bali," katanya.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Bali jumlah kunjungan wisatawan Hungaria ke Pulau Dewata pada periode Januari-Agustus 2017 sebanyak 5.934 orang. Sedangkan jumlah turis Hungaria ke Bali pada periode yang sama tahun 2016 lalu sebanyak 4.568.