Diposting : 8 October 2018 15:21
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
UKT - Pengprov Kodrat Bali telah menyelesaikan UKT tahap II yang berlangsung di GOR Mengwi, Minggu (7/10). Sebanyak 911 petarung se-Bali terlibat dalam kegiatan tersebut.
BALI TRIBUNE - Ujian kenaikan tingkat (UKT) tahap II yang diadakan Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bali diikuti ratusan petarung dari seluruh Bali. UKT digelar Minggu (7/10 ) di GOR Mengwi, Minggu (7/10). Adapun petarung yang ambil bagian yakni petarung dari Kurata I hingga VII.
 
Sekum Pengprov Kodrat Bali, AA Bagus Tri Candra Arka di lokasi mengatakan, total petarung itu mencapai 911 atlet dengan rincian Kurata I ke Kurata II diikuti 472 petarung, Kurata II ke III sebanyak 321 petarung, Kurata III ke IV sebanyak 91, Kurata IV ke V sebanyak 19, Kurata V ke VI sebanyak 4 dan Kurata VI ke VII juga 4 petarung.
 
"Jumlah ini meningkat pesat dari tahap I lalu di awal tahun. Terutama di Kurata I yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menandakan tarung derajat sudah diterima dengan baik oleh masyarakat," ujar Tri Candra Arka.
 
Adapun materi yang diberikan, dikatakan pria yang akrab disapa Gung Cok ini yakni sesuai dengan tingkatan petarung itu sendiri. Makin meningkat kuratanya, tentu materi diberikan semakin banyak dan tinggi.
 
"Misalnya di Kurata IV menuju Kurata V, jenjang mereka nanti menjadi kader pelatih, sedangkan dari Kurata V ke VI itu wajib harus menjadi pelatih," tegasnya.
 
Begitu juga UKT ini berkorelasi dengan ajang Kejurda Tarung Derajat mendatang di tempat yang sama pada bulan 19-21 Oktober nanti. Pasalnya, petarung yang bisa tampil di event itu syaratnya adalah minimal Kurata IV.
 
"Jadi kejurda nanti adalah ajang penyeleksian untuk mengirim tim ke kejurnas pada bulan Desember mendatang di Bandung. Kami berharap seluruh Pengkab maupun Pengkot Kodrat se-Bali menyiapkan petarung terbaiknya," tandas Gung Cok.