Diposting : 13 September 2016 13:17
I Made Darna/adv - Bali Tribune
idul adha
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama Sekkab Badung Kompyang R. Swandika, menyerahkan hewan qurban serangkaian hari raya Idul Adha 1437 Hijriyah di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala.

Mangupura, Bali Tribune

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Senin (12/9) kemarin menyerahkan hewan qurban serangkaian hari raya Idul Adha 1437 Hijriyah di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala.

Hewan qurban yang diserahkan kepada Panitia PHBI (Panitia Hari Besar Islam) untuk Kec. Mengwi dan Abiansemal berupa 1 ekor kambing dari Wakil Bupati, 1 ekor kambing dari Bupati Badung diserakan oleh Sekda Badung, dan dari Forum Karyawan-Karyawati Pemkab Badung 1 ekor kambing yang diserahkan oleh Pak Topan diterima oleh panitia PHBI Mengwi dan Abiansemal H M Ubet.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati, Sekda Badung Kompyang R. Swandika, Kepala Badan Kesbangpol dan Limas I Nyoman Suendi, Direktur PD Pasar Badung dan Kabag Umum I Nyoman Suardana.

Dalam sambutannya Wabup. Suiasa mengatakan, pelaksanaan doa oleh umat Muslim di Puspem Badung ini tentunya merupakan doa untuk kita bersama, mendoakan serta memberikan aura positif bagi pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Badung.

Menurutnya, ada tiga makna dari perayaan hari Idul Adha ini. Pertama, dengan peringatan Idul Adha semua umat manusia yang kemudian dalam pelaksanaanya dilakukan oleh umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa guna memperteguh dan memperkokoh kembali kesabaran dan keiklasan untuk menunjukkan rasa taqwa kepadaNYA.

Kedua, peringatan Idhul Adha ini juga menjadi momentum untuk kembali membangkitkan identitas kita dengan rasa berbagi kepada sesama umat yang kurang mampu yang patut mendapat perhatian.

Dan ketiga, bahwa kita tentu harus siap menerima ujian dari Tuhan Hyang Maha Esa apapun bentuknya bahwa hidup itu adalah pengorbanan.

Sementara itu Ketua Panitia PHBI (Panitia Hari Besar Islam Indonesia) ke 1437 H di Kecamatan Mengwi dan Abiansemal H M Ubet mengatakan, hikmah dari Salat Idul Adha tahun ini mengambil tema semangat idhul adha dan semangat berkorban dan berbagi.

“Oleh sebab itu bahwa kita meninjau kembali sariat Islam bahwa di hari raya idul adha ini bahwa kita mengeluarkan hewan qurban untuk dibagikan kepada farkir miskin atau yang berhak menerimanya,” terangnya.

Diharapkan kita selalu bersukur serta bersama-sama wujudkan persatuan dan kesatuan khususnya di Kabupaten Badung dan pada umumnya kita semua. Lebih lanjut dikatakan bahwa perayaan qurban Idhul Adha 1437 H di Kabupaten Badung, sementara terdaftar sebanyak 23 sapi dan 83 kambing yang menjadi qurban .

Dalam shalat ini bertindak selaku Kotif Mayor Cav Suprapto yang juga Danramil Kuta Selatan dan selaku Iman Samsul MA Arif.