Bali Tribune, Minggu 27 Mei 2018
Diposting : 7 February 2018 21:10
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Porsenijar
Keterangan Gambar: 
Wabup Made Kasta memukul gong saat membuka Porsenijar Banjarangkan.

BALI TRIBUNE - Wakil Bupati I Made Kasta didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung I Ketut Sujana, Camat Banjarangkan Ida Bagus Ketut Mas Ananda dan Ketua KONI Kabupaten Klungkung I Wayan Subamia beserta undangan terkait lainnya membuka Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Banjarangkan di Balai Banjar Pagutan Desa Banjarangkan Kecamatan Banjarangkan pada Selasa (6/2).

Ketua Panitia Wayan Dhiantara melaporkan Porsenijar Tingkat Sekolah Dasar  se-Kecamatan Banjarangkan mengambil tema melalui Porsenijar Kita tingkatkan Kreatifitas Dan Prestasi Siswa dalam melestarikan Budaya Bangsa yang adil Luhur menuju Masyarakat yang Unggul dan Sejahtera dengan semangat Gema Santi.

Adapun jenis olahraga yang dilombakan Lari 60 m putri, lari 80 m putra, tenis meja putra, lompat tinggi, lompat jauh, dan tolak peluru kategori putra dan putri. Bidang seni yang dilombakan, yakni tari Pendet Putri, tari Baris Tunggal Putra, menyalin huruf latin ke aksara Bali, melukis, Mesatua Bali, Macepat kategori putra dan putri, serta lomba seni lainnya seperti pantomim, menyanyi solo, baca puisi, bercerita Bahasa Indonesia dan Dharma Wacana Agama Hindu.

Lomba bidang olahraga dilaksanakan pada tanggal 7 sampai dengan 9 Februari 2018, pada bidang atletik bertempat di Lapangan Umum Banjarangkan dan Lapangan Pau Desa Tihingan. Bidang catur berlokasi di SDN 1 Takmung. Bidang tenis meja bertempat di GOR Ikada Koripan Banjarangkan. Lomba bidang seni dilaksanakan tanggal 13 dan 15 Februari 2018. Untuk bidang seni Lomba Tari Putra dan Putri serta menyanyi solo diadakan di Balai Banjar Pagutan Desa Banjarangkan, dan untuk seni bidang menyalin, melukis, mesatua, macepat, pantomim, baca puisi, bercerita bahasa indonesia dan Dharma Wacana bertempat di SDN 3 Banjarangkan.

 Seluruh peserta Porsenijar Tingkat SD berjumlah 415 orang, perwakilan 6 gugus SD di Kecamatan Banjarangkan dengan rincian peserta bidang olahraga diikuti 205 orang, bidang seni diikuti 210 orang. Sumber dana dari kegiatan pelaksanaan Porsenijar Tingkat SD Kecamatan Banjarangkan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Klungkung tahun 2018, DPA SKPD Kecamatan Banjarangkan nomor 4.01.4.01.10.64.03, tanggal 27 Desember 2017. Untuk juara 1 dan 2 pada masing-masing kategori akan mewakili Kecamatan Banjarangkan pada Porsenijar di Tingkat Kabupaten Klungkung.

Sambutan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang dibacakan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyatakan Porsenijar merupakan wahana untuk pembibitan dan sebagai ajang peningkatan prestasi bagi atlet dan seniman yang pelaksanaannya secara berjenjang dan berkesinambungan. Melalui Porsenijar Kecamatan akan dapat melakukan evaluasi kegiatan olahraga dan seni yang selama ini dibina di masing-masing sekolah untuk menunjukkan prestasi terbaiknya. “Prestasi tidak tumbuh dengan sendirinya, akan tetapi prestasi akan didapatkan melalui latihan yang rutin, sistematis dengan disiplin yang tinggi” ujar Bupati Suwirta dalam sambutan yang dibacakan Wabup Kasta.