Bali Tribune, Jumat 20 Juli 2018
Diposting : 3 October 2017 18:47
Komang Arta Jingga - Bali Tribune
Exhibition
Keterangan Gambar: 
BUKA - Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, membuka pameran lukisan di Puri Anom Tabanan, Minggu (1/10) malam.

BALI TRIBUNE - Forum Pelestari Budaya Tabanan menggelar pameran seni lukis  Fine Art Exhibition (FAE) di Puri Anom, Tabanan. Pameran lukis tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, Minggu (1/10) malam.

Ketua Umum Forum Pelestari Budaya Tabanan Anak Agung Ngurah Panji Astika mengatakan pameran seni lukisan tersebut digelar sebagai respon dari Puri Anom dan Forum Pelestari Budaya Tabanan. Dalam kegiatan tersebut diikuti 35 pelukis asal dari Pulau Bali. Dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat melestarikan seni lukis di masa mendatang. "Kita memberikan panggung, yang biasanya kita berikan panggung kepada para penari, sekarang kita berikan panggung kepada para pelukis, sebagai respon dari keinginan dari para seniman untuk menunjukan karyanya," jelasnya.

Ditambahkan Ngurah Panji Astika, kegiatan FAE yang mengambil tema "Mewali ke Hening" ini yang memamerkan karya seni lukis juga memamerkan karya seni patung dan karya seni instalasi. Kegiatan ini digelar hingga tanggal 15 Oktober 2017, terbuka untuk umum ini. Para seniman diberikan keleluasaan menempatkan karya seninya dalam sejumlah ruang dan bangunan yang ada di tiga palemahan (wilayah) terdepan di Puri Anom.

Panji Astika berharap dengan adanya kegiatan ini, para seniman khususnya para seniman lukis bisa mendapatkan panggung yang ekslusif di Puri Anom yang selama ini dikenal sebagai salah satu heritage (warisan) budaya di Kabupaten Tabanan. Dalam pameran ini ada sejumlah pelukis yang memamerkan karya lukisnya di Puri Anom, di antaranya adalah Made Gunawan, Ida Bagus Indra, I Nyoman Kariasa, Gusti Ngurah Gede Pemecutan, I Putu Sunartawan, Ketut "Boping Suryadi. "Ada sekitar 50 lukisan karya dari sekitar 35 seniman lukis dari seluruh Bali dan luar negeri yang dipamerkan di Puri Anom ini. Ada karya seni yang hanya dipamerkan saja, ada juga yang untuk dijual," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta mengapresiasi dan mendukung diselenggarakannya Pameran Lukisn, Fine Art Exhibition (FAE) di Puri Anom, Tabanan. "Pemerintah Provinis Bali memberikan apresiasi positif, menghargai dan mendukung penglisir Puri Anom menggelar kegiatan ini yang memberikan ruang bagi para seniman untuk memamerkan karya seninya," ujarnya.

Wabup Sudikerta berharap kegiatan ini inovasi dan kreasi penglisir Puri Anom dalam pelestarian karya seni lukis para maestro seni Bali, serta berharap kegiatan ini bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang untuk tetap menjaga pelestariannya dari kepunahan-kepunahan yang ada dan dapat melanjutkan dari pada perjuangan para senior-seniornya yang melaksanakan lukisan. "Kita dari Pemerintah Provinsi akan terus mendukung agar seni lukis ini tetap lestari dan berharap ini bisa berlangsung setiap tahun untuk memberikan ruang kepada para seniman untuk berkerasi," tandasnya.