Diposting : 8 April 2016 13:15
I Made Darna - Bali Tribune
Tokoh warga Canggu saat bertemu Wabup Suiasa, Kamis (7/4).

Mangupura, Bali Tribune

Konflik proyek Hotel Canggu Intercontinental dengan warga Desa Adat Canggu, Kecamatan Kuta Utara sampai kini belum berakhir. Pasca-akses hotel diblokir warga, dan prajuru Desa Adat Canggu disomasi, kasusnya masih terus membara.

Kamis (7/4), tokoh warga Canggu yang dipimpin Bendesa Adat Canggu, I Nyoman Sujapa bahkan kembali mendatangi Wabup Badung Ketut Suiasa untuk meminta perkembangan kasus. Kedatangan warga ini bahkan didamping langsung oleh senator asal Bali I Gusti Ngurah Arya Wedakarna.

Dalam pertemuan bersama Wabup Suiasa, warga Canggu sempat meragukan kemampuan Pemkab Badung. Namun, setelah Suiasa panjang lebar menjelaskan langkah dan upaya Pemkab Badung akhirnya tokoh Canggu mulai lega. Suiasa juga mengatakan Bupati Nyoman Giri Prasta sudah sempat menghubungi pihak investor terkait kasus ini.

“Kami tidak tinggal diam. Kami sudah langsung turun meninjau lokasi, setelah itu bupati langsung mengontak pihak investor. Dan meminta agar investor bersedia membangun komunikasi dengan warga. Intinya mereka memenuhi apa yang menjadi keinginan warga,” kata Suiasa.

Lima tuntutan warga Canggu ini juga terus disuarakan oleh pemerintah agar didengar oleh investor. “Kami sudah sampaikan soal lima tuntutan warga itu,” tegasnya.

Adapun limat untuan warga itu, diantaranya L-Gater yang terlalu tinggi, dan jalan setapak yang mejadi keinginan warga. Menyikapi tuntutan warga itu, politisi asal Pecatu itu mengaku investor siap mengikuti dan menjalin komunikasi dengan warga.

“Masalah L-Gater, pihak investor mengatakan jika pembangunan itu telah mundur sepanjang lima meter. Sehingga masih ada tanah investor yang direlakan. Untuk membuktikan dan memastikan ini tentu perlu dilakukan pengukuran ulang,” kata Suiasa sembari menambahkan investor juga mengaku bersedia membuatkan jalan setapak. Jadi, nanti akan ada pengaman ombak dan ada jalan setapaknya.

Sementara warga Canggu yang mendengar pemaparan Wabup Suiasa mengaku cukup lega. Namun mereka berharap hal itu benar-benar bisa direalisasikan. “Ya, semoga embrio itu bisa diwujudkan,” tegas Bendesa Adat Canggu Nyoman Sujapa.

Di bagian lain, anggota DPD RI, Arya Wedakarna mendesak agar pemerintah cepat menyelesaikan kasus ini. “Yang jelas sekarang sudah ada informasi yang baik. Ada niat yang baik dari investor untuk menurutnkan L-Gater,” kata Arya Wedakarna.