Diposting : 24 August 2017 19:03
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Air Panas
Keterangan Gambar: 
Wisata Air Panas di Angsri

BALI TRIBUNE - Kolam pemandian Air Panas Angseri yang berada di Kabupaten Tabanan ini ramai dikunjungi warga lokal pada hari libur nasional maupun keagamaan. Selain menikmati suasana hijau dengan udara yang sejuk, wisatawan lokal dari berbagai daerah di Bali itu datang ke Air Panas Angseri bertujuan untuk melakukan terapi, khususnya bagi yang memiliki penyakit kulit.

Salah seorang petugas loket Pemandian Air Panas Angseri, Made Sudana menuturkan jika pada hari libur rata-rata kunjungan per hari mencapai 150 orang lebih. "Biasanya pada hari raya, kolam mini menjadi tempat wisata bagi wisatawan lokal, rata-rata mereka berkunjung untuk liburan keluarga," tuturnya di Tabanan beberapa waktu lalu.

Air Panas Angseri tersebut memiliki beberapa kolam air panas yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berendam. Pemandian itu terdiri dari satu kolam besar terbuka dengan satu air terjun di sisi timur kolam dan beberapa kolam mini.

Dikatakan Sudana panasnya air belerang yang menyembur dari perut bumi ini sudah dinetralisir dengan dinginnya air terjun mini yang mengalir dari sisi timur. "Meskipun sudah ada air terjun, namun panas air ini tetap konsisten, karena ada dua pipa yang mengalirkan air panas dari dalam perut bumi," ungkap Sudana.

Kolam renang terbuka ini bebas diperuntukan untuk anak-anak dan orang dewasa. Jika wisatawan ingin menikmati suasana yang tenang, obyek wisata ini juga menawarkan kolam di dalam bilik bamboo.

Disebutkan Sudana, kolam terbuka bisa menampung ratusan orang, sedangkan kolam mini hanya mampu menampung maksimal enam orang. Air panas ini kata dia mengandung belerang, sehingga berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit. "Untuk yang terapi penyakit kulit, sudah banyak yang sembuh setelah mereka rutin datang untuk berendam di kolam air panas ini," ujarnya.