Diposting : 24 August 2017 17:05
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
sepeda
Keterangan Gambar: 
Sejumlah wisman yang sedang bersepeda sembari menikmati alam pedesaan

BALI TRIBUNE - Menikmati masa-masa liburan tidak hanya dilakukan dengan wisata hura-hura. Berbagai aktivitas menarik dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan pikiran setelah jenuh dengan rutinitas pekerjaan misalnya menyusuri alam pedesaan dengan sepeda. Saat ini kegiatan liburan dengan bersepeda menjadi tren gaya hidup warga lokal dan wisatawan mancanegara (wisman) saat liburan di Pulau Dewata.

Aktivitas wisata bersepada wisman ini biasanya mengambil rute di kawasan pedesaan seperti Sangeh, Karangasem, Ubud dan kawasan lainnya di Bali. Direktur Operator Wisata Bersepeda, Ruly Anthony Klavert mengatakan jika bersepeda merupakan salah satu aktivitas populer bagi wisman saat berada di Bali. "Ketika di Bali mereka ditawarkan aktivitas bersepeda sambil menikmati keindahan alam Bali, mereka akan menyambut dengan antusias," ungkapnya beberapa waktu lalu di Denpasar.

Wisata alternatif ini dikemas sebagai salah satu aktivitas outdoor yang tidak saja mampu memberikan manfaat bagi fisik wisatawan, juga memberikan  pengalaman suasana pedesaan. Dengan kegiatan tersebut, wisatawan secara langsung dapat melihat aktivitas budaya yang dilakukan oleh masyarakat Bali. Contohnya, trek sepeda di Ubud, wisatawan tidak hanya akan diperkenalkan pada aktivitas agraris tradisional masyarakat Ubud seperti bertani juga diperkenalkan aktivitas budaya lainnya.

Biasanya pihak operator menyiapkan jalur bersepeda yang sudah disesuaikan dan dikombinasikan antara jalur alam dan jalur budaya. "Sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan alam Bali. Namun wisatawan juga akan diperkenalkan dengan aktivitas budaya, karena wisatawan akan diajak mampir sejenak di suatu tempat yang unsur budaya Bali masih dipertahankan," terang Ruly.

Dia menyatakan jika Ubud adalah jalur bersepeda yang paling disukai wisman. Mulai dari jalan yang berkelok-kelok melewati persawahan alang-alang di areal Bukit Campuhan, Ubud, hingga ke areal perkebunan milik warga serta  banyak pemandangan indah lain yang bisa dieksplorasi oleh wisatawan. 

"Selain di sekitar Ubud, kami juga menyediakan beberapa pilihan trek, yakni trek panjang dari Ubud ke Kintamani atau dari Ubud ke kawasan wisata Rice Terrace Cekingan Tegalalang yang terletak di sebelah utara Ubud," sebutnya.