Bali Tribune, Selasa 12 Desember 2017
Diposting : 27 April 2016 11:20
Arta Jingga - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
illustrasi

Tabanan, Bali Tribune

Seorang wisatawan asal Amerika Serikat, Ryan Darwin  Mlenar Boarman (26) tiba-tiba diserang ikan hiu saat sedang asyik surfing di Pantai Balian, Desa Lalang Linggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Senin (25/4) lalu.

Informasi yang berhasil dihimpun, Selasa (26/4), Ryan diketahui menginap di Balian Surf Camp, Banjar Lalang Lingga, Desa Lalang Linggah. Sekitar pukul 06.30 Wita korban main surfing di Pantai Balian, namun sekitar satu jam kemudian saat korban sedang asyik surfing tiba-tiba diserang hiu.

Menurut salah seorang warga di sekitar TKP, korban kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Kasih Ibu Bajera guna mendapatkan perawatan medis. Warga tersebut menambahkan, korban mengalami luka cukup serius di bagian tangan kanan sehingga korban pun kemudian kembali dirujuk ke RS Kasih Ibu Tabanan pada Selasa (26/4). “Korban menderita luka robek di bagian tangan dan setelah dijarit langsung dilarikan ke RS Kasih Ibu Tabanan,” imbuhnya.

Di RS Kasih Ibu Tabanan ini korban kemudian menjalani operasi, namun pascaoperasi, hanya jari telunjuk korban yang bisa digerakkan dan rencananya akan diterbangkan ke Singapura untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Menurut warga sekitar, kemunculan hiu diduga disebabkan oleh air bah yang terjadi karena wilayah Selemadeg Barat diguyur hujan lebat sehari sebelumnya. Air bah dari Sungai Tukad Balian yang alirannya bermuara di Pantai Lalang Linggah tersebut keruh dan bau amis sehingga mengundang kemunculan hiu. “Karena amis mungkin hiunya keluar,” imbuhnya.

Kapolsek Selemadeg Barat AKP I Made Bayu yang dikonfirmasi via telepon membenarkan peristiwa tersebut. Dirinya menyampaikan bahwa wisatawan tersebut menginap di Balian Surf Camp bersama teman wanitanya, Rosa Averesch (23), asal Jerman. “Saat kejadian korban pertama kali ditolong oleh karyawan Balian Surf Camp atas nama I Wayan Sukadana (53) dan dilarikan ke RS Kasih Ibu Bajera, kemudian dirujuk ke RS Kasih Ibu Tabanan, dan saat ini masih dirawat di kamar 302 VIP B," jelasnya.