Diposting : 16 October 2018 12:18
Ketut Sugiana - Bali Tribune
LEPAS PENYU - Pelapasan penyu oleh Yayasan Kura-kura di perairan Ped, Nusa Penida.
BALI TRIBUNE - Dengan semakin langkanya keberadaan penyu di perairan Pulau Bali belakangan ini membuat warga yang peduli dengan satwa yang makin langka ini terus melakukan ikhtiar agar satwa yang dilindungi ini tidak makin punah. 
 
Untuk itu kelompok masyarakat yang bernaung di bawah kendali Yayasan Kura-kura melakukan kegiatan demi kelangsungan satwa penyu dengan melaksanakan pelepasliaran penyu/kura-kura di seputar pantai Nusa Penida tepatnya di kawasan perairan pesisir Pantai  Ped  Nusa Penida, Senin (15/10). Kegiatan peduli lingkungan satwa ini dimulai sekitar pukul  10.30 wita bertempat di Yayasan Kura-kura Nuda Penida dengan alamat Desa Kampung Toyapakeh Kec. Nusa Penida .
 
 
Kegiatan tersebut mendapatkan atensi kehadiran Ketua Yayasan Kura-kura Nusa Penida dan anggotanya, juga diatensi oleh Kapolsek Nusa Penida Kompol Ketut Suastika, SH dan Ketua KKP Nusa Penida, serta Perwakilan Sat Pol Air Res Klungkung, serta Pjs Perbekel Desa Kampung Toyapakeh sendiri sebagai tuan rumah. Kehadiran para relawan wisatawan asing penyayang binatang langka dengan kehadiran keseluruhan peserta  kurang lebih  20 orang.
 
Menurut Kapolsek Nusa Penida Kompol Ketut Suastika,SH dalam kegiatan pelepasliaran penyu, kura-kura tersebut pihak Yayasan Kura-kura menyiapkan 4 ekor penyu (kura-kura) yang  telah dipelihara dan dirawat hasil kiriman dari BKSDA Gilimanuk dan Benoa. Penyu tersebut sebelumnya sakit karena merupakan hewan sitaan yang rencananya  akan diselundupkan oleh oknum tertentu. Selanjutnya pihak Yayasan Kura-kura memelihara penyu tersebut hingga kondisinya pulih dan saat ini sudah siap dilepas diliarkan kembali ke lautan seputar perairan Ped ,Nusa Penida. Diharapkan dengan kegiatan pelepasan penyu ini bisa menjadi pemicu positif bagi warga masyarakat, khususnya yang berada di Nusa Penida, untuk ikut menjaga kelestarian satwa yang termasuk langka ini.
 
Dirinya berharap agar ke depan kegiatan ini bisa berlangsung lebih terprogram yang nantinya membawa kelestarian lingkungan satwa ini. “Kegiatan pelepasan penyu ini dilakukan di sekitar perairan Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Kegiatan ini berlangsung lancar dan  pada pukul  11.20 wita,” ujar Kapolsek Kompol Ketut Suastika, SH.