Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Januari-Juli 2019 Pergerakan Kedatangan Domestik di Ngurah Rai Turun Hingga 14%

Bali Tribune/ PENUMPANG - Sejumlah penumpang domestik di Terminal Kedatangan Bandara I Gusti Ngurah Rai
balitribune.co.id | Kuta - Hingga Januari-Juli 2019, terpantau pergerakan wisatawan domestik di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai mengalami penurunan dari periode tahun lalu. General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado saat dikonfirmasi Selasa (06/08) mengatakan, jumlah penumpang domestik yang berangkat dan datang mengalami penurunan, hal yang sama juga terjadi pada pergerakan pesawat.
 
Berdasarkan statistik lalu lintas angkutan udara di bandara setempat, pada periode Januari-Juli 2019 tercatat untuk keberangkatan domestik menurun hingga 15% dan kedatangan 14% dibandingkan periode yang sama tahun 2018 lalu. Begitupun untuk keberangkatan pesawat domestik turun 10% menjadi 22.787 pergerakan. Dimana pada periode tahun sebelumnya tercatat 25.289 pergerakan pesawat. Kemudian untuk kedatangan pun turun 10% menjadi 22.755 pesawat, padahal tahun lalu tercatat terdapat 25.304 pergerakan pesawat. 
 
"Periode Januari-Juli tahun ini penumpang di keberangkatan domestik menjadi 2,7 juta atau turun 15% dari tahun 2019 yang tercatat sebanyak 3,2 juta penumpang. Sedangkan kedatangan domestik juga mengalami hal serupa dari 3,1 juta penumpang pada periode 2018 tahun ini turun menjadi 2,68 juta," ungkapnya.
 
Diperkirakan, tingginya harga tiket pesawat rute dalam negeri yang menjadi faktor penurunan pergerakan penumpang dan pesawat domestik di bandara tersebut. Meski demikian catatan positif terlihat pada pergerakan internasional. Disampaikan Herry, keberangkatan pesawat internasional periode tahun ini tumbuh 1% menjadi 21.020 pergerakan. Dimana pada tahun lalu tercatat hanya 20.874 pergerakan pesawat. Sedangkan untuk kedatangan pun tumbuh 1% menjadi 21.068 dari jumlah 20.872 pergerakan pesawat pada 2018. 
 
Menurut dia kedatangan penumpang internasional menunjukkan pencapaian positif dari 3,4 juta jiwa pada periode 2018 lalu, menjadi 3,8 juta atau tumbuh 7%. Sedangkan untuk keberangkatan tahun ini tumbuh 11% menjadi 3,8 juta penumpang dari 3,6 juta pada periode 2018. 
 
"Selama tujuh bulan berjalan di tahun 2019 ini, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencatat telah melayani sebanyak 13,39 juta penumpang dan 87.724 pergerakan pesawat udara," jelas Herry.
 
Jumlah tersebut mengalami penurunan 0,4% dibandingkan tahun 2018 lalu yang tercatat sebanyak 13,45 juta penumpang. Kendati terpantau menurun, kata dia, khusus untuk bulan Juli 2019 kembali mencatat beberapa hal positif. "Misalkan jumlah penumpang dan jumlah pergerakan pesawat di bulan Juli lalu yang tumbuh jika dibanding dengan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat di bulan Juni 2019. Tentunya hal ini merupakan suatu sinyal positif di awal semester kedua tahun ini,” terangnya. 
 
Selama bulan Juli 2019, tercatat sebanyak 2,23 juta penumpang terlayani, atau terdapat pertumbuhan sebesar 4% dibanding pencatatan penumpang bulan Juni 2019. Pertumbuhan juga dialami pada pencatatan pergerakan pesawat di bulan Juli 2019, dengan catatan pertumbuhan sebesar 2%.
 
“Kami mencatat terdapat pertumbuhan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat dalam dua bulan terakhir. Jika dilihat lagi, catatan di bulan Juli ini juga merupakan catatan yang sangat positif jika dibandingkan dengan rata-rata jumlah penumpang dan pergerakan pesawat per bulan selama semester pertama tahun 2019 ini,” lanjutnya menerangkan.
 
Selama paruh pertama 2019 ini, rata-rata jumlah penumpang per bulan yang terlayani adalah sebanyak 1,86 juta penumpang. Pihaknya optimis dengan adanya pembukaan beberapa rute internasional selama kurun waktu 6 bulan pertama 2019, akan mampu mengisi kekurangan pada periode Januari-Juli  2019. (u)
wartawan
Ayu Eka Agustini
Category

The Big Bounce Bali, Wahana Bounce Terbesar Pertama di Pulau Dewata

balitribune.co.id | Mangupura - Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pameran dan event organizer (EO) kembali menghadirkan The Big Bounce Bali, dimana salah satu wahana utamanya adalah The Bounce House, kastil inflatable raksasa yang tercatat sebagai bounce house terbesar di dunia.

Baca Selengkapnya icon click

Tanggap Darurat, BULOG Bali Dirikan Posko dan Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir

balitribune.co.id | Denpasar -  Perum BULOG Kantor Wilayah (Kanwil) Bali bergerak cepat membantu masyarakat yang terdampak banjir di sejumlah wilayah Bali. Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial, BULOG mendirikan dua posko tanggap darurat sekaligus menyalurkan bantuan kebutuhan pangan.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Honda Bali dan Dealer Tirto Agung Motor Bantu Korban Banjir dengan Paket Sembako

balitribune.co.id | Denpasar – Bencana banjir besar yang melanda Bali menimbulkan kerugian signifikan, termasuk bagi para pedagang pasar. Sebagai bentuk kepedulian, Honda Bali bersama Dealer Tirto Agung Motor bergerak cepat menyalurkan bantuan bagi warga terdampak pada Jumat (12/9).

Baca Selengkapnya icon click

Kasdam IX/Udayana Lantik 1.331 Prajurit Baru TNI AD, Siap Jalani Tugas Negara

balitribune.co.id | Singaraja – Sebanyak 1.331 prajurit baru TNI AD resmi dilantik dalam upacara penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Gelombang II TA 2025. Upacara tersebut berlangsung di Lapangan Chandradimuka, Secata Rindam IX/Udayana, Singaraja, Buleleng, pada Sabtu (13/9).

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

DKLH Bali Gerakkan 300 Personel Bersihkan Sampah Plastik Pascabanjir Bandang

balitribune.co.id | Denpasar – Banjir bandang yang melanda Bali pada Rabu (10/9/2025) mengakibatkan kerusakan di sedikitnya tujuh titik wilayah kabupaten/kota, dengan dampak terparah terjadi di Kota Denpasar. Peristiwa ini menimbulkan korban jiwa, bahkan hingga Jumat (12/9) masih ada warga yang dinyatakan hilang dan dalam pencarian tim gabungan Basarnas bersama aparat terkait.

Baca Selengkapnya icon click

Command Center Badung Diapresiasi Kemendagri, Dinilai efektif Pantau Pascabencana

balitribune.co.id | Mangupura - Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan apresiasi terhadap kinerja Command Center Kabupaten Badung yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Fasilitas ini dinilai memiliki peran penting dalam memantau kondisi pascabencana banjir sekaligus kesiapan posko tanggap darurat di wilayah Badung.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.