Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Turis Domestik “Selamatkan” The Nusa Dua

Bali Tribune / I Gusti Ngurah Ardita

balitribune.co.id | Mangupura – Pengelola Kawasan The Nusa Dua mengakui saat ini pada pertengahan Desember 2021 tingkat hunian kamar hotel atau okupansi diisi wisatawan domestik. "Sebetulnya sekarang ini yang membantu mengisi okupansi di Kawasan The Nusa Dua adalah turis domestik. Makanya saya sampaikan bahwa saat sekarang kita berbagi saja melakukan langkah-langkah," ucap Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita di Badung, Selasa (14/12).

Kendati potensi domestik cukup tinggi mengisi okupansi di kawasan internasional tersebut, pengelola tetap berharap adanya turis internasional dengan telah melakukan berbagai persiapan. Ia tidak menampik bahwa, sejak November dan awal Desember 2021 pada saat digelarnya 3 event internasional di Kawasan The Nusa Dua, okupansi hotel berasal dari mancanegara dan domestik.  

Pada penyelenggaraan tiga event berskala internasional tersebut, okupansi hotel di Kawasan The Nusa Dua rata-rata diatas 30%. "Momen kemarin yang ada di Kawasan The Nusa Dua yaitu Badminton Festival pada bulan November, kemudian The Finance Meeting dan Bali Demokrasi Forum pada awal Desember, adalah event yang digunakan untuk promosi, bahwa kita bisa menyelenggarakan event (kegiatan) dengan pola penerapan SOP kesehatan Covid-19," tegasnya. 

Pihaknya pun selaku pengelola kawasan yang terdiri dari 20 hotel baik bintang 4 dan 5 di Nusa Dua Kabupaten Badung ini telah mempersiapkan SOP untuk menerima kedatangan wisatawan mancanegara. "Sekarang pemerintah sudah melakukan langkah-langkah itu, kita dukung dengan apa yang sudah bisa kita lakukan," imbuh Ardita. 

Ia menyebutkan dari 20 hotel yang ada di kawasan itu, terdapat lebih dari 5 ribu kamar. Namun saat ini di masa pandemi Covid-19 kamar yang dijual dikurangi. "Kamar yang dijual 50% sampai 75% dari total kamar yang ada di kawasan. Tingkat hunian diatas 30% secara rata-rata. Memang ada 1, 2 hotel yang tingkat huniannya akan berbeda beda. Tetapi tidak bisa disebut secara general (umum) sudah penuh," katanya. 

Ia menambahkan, kendati 3 event internasional tersebut sudah selesai namun saat ini okupansi masih tercatat diatas 30% diantaranya diisi wisatawan domestik karena menjelang momen libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Pihaknya pun telah melakukan pembahasan dengan tenant-tenant yang ada di kawasan terkait kebijakan atau surat edaran pemerintah. "Sehingga hotel bisa menjual paket yang boleh dilakukan tamu saat Nataru sesuai kebijakan pemerintah," tambahnya.

Kata dia, untuk Nataru potensi domestik sangat besar yang harus digarap dengan baik oleh hotel-hotel di Kawasan The Nusa Dua. Pihaknya berharap pemerintah memberikan aturan yang lebih longgar untuk wisatawan domestik yang akan merayakan Nataru di Bali. "Tetapi kita tetap konsen menerapkan protokol kesehatan," cetus Ardita. 

Menurut dia, terpenting adalah pada saat wisatawan domestik ini bisa hadir di Bali pada momen Nataru dapat melakukan kegiatan menyambut perayaan tahunan ini dengan pengawasan protokol kesehatan. "Sepanjang mereka bisa melakukan ini, berikanlah sedikit kelonggaran untuk mereka menikmati dengan pengawasan protokol kesehatan dan ini momen membangkitkan perekonomian dari wisatawan domestik," ujarnya.

Ketua Koordinator Kelompok Ahli Pembangunan Bidang Pariwisata yang juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung, I.G.A.N Rai Suryawijaya menyatakan sekarang ini potensi turis domestik untuk mengisi okupansi kamar hotel di Bali sebanyak 22 ribu orang per hari. Berdasarkan data, kedatangan wisatawan domestik melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai rata-rata 11 ribu penumpang per hari. 

Saat menjelang libur akhir pekan, kedatangan turis domestik di Bandara Ngurah Rai di angka 13 ribu penumpang per hari. Angka tersebut sudah mendekati kedatangan saat kondisi normal sebelum pandemi Covid-19. "Belum lagi dari Pelabuhan Gilimanuk. Jika ditotal rata-rata 22 ribu per hari domestik masuk ke Bali," sebutnya.

wartawan
YUE

Endang Hastuty Bunga, S.H.: Kasus Kompol Cosmas Harus Dipandang Sebagai Insiden Tidak Disengaja

balitribune.co.id | Denpasar - Aktivis perempuan dan anak Bali yang juga pengacara sekaligus Ketua Tunas Himpunan Advokat Muda Indonesia (DPD Bali), Endang Hastuty Bunga, S.H., menyatakan dukungan penuh terhadap petisi yang menolak keputusan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap Kompol Cosmas melalui sidang kode etik Polri.

Baca Selengkapnya icon click

Siap-Siap Modifikator! Astra Motor Bali Resmi Buka Pendaftaran Honda Modif Contest 2025

balitribune.co.id | Denpasar – Astra Motor Bali didukung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menghangatkan dunia modifikasi melalui ajang kompetisi modifikasi sepeda motor terbesar di Indonesia, Honda Modif Contest (HMC) 2025. Hadir lebih dari satu dekade, HMC menjadi wadah prestisius bagi para modifikator, khususnya di Bali, untuk menyalurkan ide dan karya kreatifnya pada sepeda motor Honda.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Urgensi Perda Alih Fungsi Lahan, Siap Tumbangkan Modus WNA

balitribune.co.id | Bayangkan, di brosur pariwisata Bali masih ada gambar sawah hijau menghampar. Tapi kenyataan di lapangan? Banyak yang sudah berubah jadi villa kaca, kafe organik, atau yoga studio tempat bule-bule menekuk badan. Ironisnya, kalau dibiarkan terus, jangan-jangan turis datang ke Bali nanti cuma buat makan salad impor sambil lihat sawah di screensaver laptop.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Delegasi Iran Apresiasi Pengamanan SO Polda Bali

balitribune.co.id | Sanur - Mr. Ayoobi Hojattolah Chadir merupakan Wakil Menteri Kebudayaan Iran salah satu peserta Event Chandi Summit yang berlangsung di The Meru Sanur Denpasar mulai tanggal 2 s/d 5 september 2025.

Mr. Ayoobi memberikan apresiasi terhadap Tim pengamanan dan pengawalan yang diberikan oleh para personil Polda Bali saat berada di Bali untuk mengikuti Even Chandi Summit 2025.

Baca Selengkapnya icon click

Hari Pelanggan Nasional 2025, Direksi BRI Sapa Nasabah di Beberapa Daerah

balitribune.co.id | Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2025 sebagai wujud apresiasi kepada nasabah atas kepercayaan serta loyalitas yang telah diberikan kepada BRI. Perayaan ini menjadi momentum untuk menegaskan kembali komitmen BRI dalam menghadirkan layanan keuangan yang mampu menjawab kebutuhan nasabah.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.