Dukung Tugas Pecalang, GMT Serahkan Bantuan Busana Adat Untuk 74 Pecalang di Desa Adat Seraya | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 29 Oktober 2020
Diposting : 28 September 2020 18:35
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / Koordinator GMT yang juga Ketua Fraksi Nasdem DPRD Karangasem bersama I MAde Sukerana saat menyerahjkan bantuan busana adat untuk 74 pecalang di se Desa Adat Seraya

balitribune.co.id | Amlapura - Koordinator lapangan GMT yang juga anggota Fraksi Nasdem DPRD Karangasem, I Gusti Ngurah Gede Subagiartha bersama I Made Sukerana, menyerahkan bantuan busana adat, kepada 74 orang Pecalang se Desa Adat Seraya, Kecamatan Karangasem. 

Bantuan busana adat tersebut dikoordinasikan oleh Ketua Pecalang Desa Seraya, I Nyoman Suda, dan disambut antusias oleh anggota pecalang di desa setempat. I Gusti Ngurah Gede Subagiartha, kepada media ini Senin (28/9/2020) menyampaikan, bantuan busana adat tersebut untuk mengapresiasi sekaligus mendukung tugas-tugas para pecalang dalam berbagai kegiatan adat.

Dikatakannya, pecalang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan kelancaran dalam penyelenggaraan upacara adat dalam suatu desa adat, seperti menjaga keamanan pada setiap pelaksanaan perayaan nyepi, prosesi melasti dan upacara-upacara lainnya di pura. Selain pula pecalang juga memiliki tugas yang cukup besar yakni menjaga keamanan dan ketertiban di desa mereka.

"Ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kami semeton GMT terhadap tugas pecalang di Desa Adat Seraya," tandasnya.

Selain memang sebelumnya ada aspirasi atau usulan dari pecalang dan langsung di respon secara pribadi oleh Gus Ode selaku anggota DPRD Karangasem. "Kedepannya kami akan memperhatikan para pecalang di Karangasem," lontarnya. 

Pihaknya berharap, bantuan yang diberikan tersebut bisa bermanfaat dan pas dikenakan oleh pecalang.