Laksanakan “Sales Mission Jerman 2018”, Disparda dan BPPD Badung Bidik Pasar Jerman Lewat ITB Berlin | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 29 November 2024
Diposting : 15 March 2018 10:28
Djoko Moeljono - Bali Tribune
promosi
GRAND PRIZE – Di sela acara “Sales Mission Jerman 2018”, didampingi Ketua BPPD Badung IGN Rai Suryawijaya (kiri), Kadisparda Badung Made Badra (kedua dari kiri) memberikan “grand prize” kepada salah seorang “whole seller” yang beruntung, disaksikan perwakilan Singapore Airlines dan Eka PIC (STP Bali).

BALI TRIBUNE - UNTUK kesekian kalinya tim promosi pariwisata daerah Kabupaten Badung melaksanakan perjalanan promosi ke luar negeri dalam rangka “Sales Mission Jerman 2018” selama 8 hari (7-14 Maret 2018). Kali ini, rombongan Disparda dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Badung fokus membidik pasar Jerman lewat ajang promosi pariwisata tahunan “Internationale Tourismus Borse” (ITBBerlin.

Rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Ir I Made Badra, MM., itu juga mengajak Ketua BPPD Badung IGN Rai Suryawijaya, SE, MBA., Ni Made Eka Mahadewi, dan Herdy Sayoga. Termasuk sejumlah pimpinan asosiasi, seperti Ketua DPD Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Bali I Nyoman Nuarta, Ketua Society of Indonesia Professional Convention Organizers (SIPCOBali Juarez R Putra, Ketua Bali Wedding Association (BWA) Dion Satvika, dan Ketua Perhimpunan Golf Indonesia (PGI) Bali Agung Kresnajaya.

Turut serta dalam rombongan yang total berjumlah 12 orang itu, di antaranya perwakilan pengusaha atau pimpinan hotel berbintang, travel agent, dan airline dari Bagus Retreat Resort, Discovery Kartika Plaza Hotel, Double Six Luxury Hotel Seminyak, Puri Bagus Villa Resort, Payogan Hotel, Samaya Resort, Hotel Seminyak Beach Resort and Spa, Karma Resort Hotel, Lawalon Hotel, dan pendukung sponsor serta beberapa anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung.
Menurut Made Badra, Berlin dan Munich menjadi pilihan untuk dijadikan tempat promosi yang tepat, karena kedua kota ini adalah kota utama dan kedua yang terkenal di Jerman. Para seller dari industri pariwisata Badung ini sangat berharap bakal terjadi transaksi dari sejumlah pembeli (buyer) paket wisata Badung dan Bali.
Kunjungan wisatawan Jerman yang datang ke Bali pada tahun 2017 menduduki peringkat 8 (177.184), setelah China, Australia, India, Jepang, Inggris, Amerika, dan Prancis -- terjadi peningkatan 15,11 persen dari tahun sebelumnya (153.925). “Tahun 2018 ini kunjungan wisatawan asal Jerman diharapkan mencapai 230.340 orang atau mengalami kenaikan 30 persen dari tahun sebelumnya,” ujar Kadisparda Badung setibanya di Bali, Rabu (14/3) siang kemarin.
Setelah melaksanakan agenda “breakfast meeting” di Bristol Hotel Berlin, tim promosi pariwisata Badung mengikuti pertemuan pasar dunia di ITB Berlin dengan Deputy Pengembangan Pemasaran II, Nia Niscaya beserta wholesaler MICE yang akan melaksanakan agendanya di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Badung.  

Peserta seller dari Kabupaten Badung mendominasi keikutsertaan pasar pariwisata dunia ITB Berlin, yaitu mencapai sekitar 75 persen dari 126 seller. Ajang pasar dunia ini memang menjadi kegiatan rutin industri pariwisata Badung setiap tahun di Jerman, diawali dengan “roadshow sales” ke para buyer. 
Saat menggelar pertemuan dengan puluhan “tour operator” sambil menghidangkan jamuan makan malam dengan sajian makanan Nusantara, hadir Sales Manager Singapore Airline (SQ) Germany and Eastern Europe, Thomas Russenburg, yang sangat antusias memberikan sponsor tiket gratis sebagai “Grand Prizes SQ Premium Economy” dari Munich ke Bali.

Suasana pertemuan kian semarak bahkan puluhan tamu undangan makin antusias saat mendengarkan presentasi Kadisparda Badung Made Badra yang menjelaskan kondisi pariwisata Badung terkini. Dikatakan, wilayah Kabupaten Badung kini menjadi “wedding destination, MICE destination, leisure destination, golf destination” sambil mempertontonkan film dengan iringan musik serta tarian Bali, sehingga acara “dinner meeting” di Munich malam itu terkesan meriah.