Penjualan Ritel Daihatsu Tahun 2021 Tembus 151 Ribu Unit Pertahankan Peringkat Dua Penjualan Otomotif Nasional 13 Tahun Berturut-turut | Bali Tribune
Diposting : 17 January 2022 00:31
HEN - Bali Tribune
Bali Tribune/ Penjualan ritel Daihatsu selama 2021.

balitribune.co.id | DAIHATSU merilis hasil penjualan sepanjang 2021dengan capaian positif. Hal ini ditandai dengan hasil penjualan ritel dengan raihan 151.107 unit,dengan market share sebesar 17,5 persen.

Capaian ini juga menjadi catatan penting bagi Daihatsu karena berhasil mampu mempertahankan posisi ranking dua selama 13 tahun berturut-turut dalam penjualan ritel otomotif nasional sejak 2009.

Dibandingkan dengan capaian tahun 2020 lalu, penjualan ritel otomotif Indonesia di tahun 2021 mencapai sekitar 863 ribu unit, atau naik 49,2 persen dibandingkan tahun 2020 sekitar 578 ribu unit.

Sejalan dengan kenaikan pasar, penjualan ritel Daihatsu juga mengalami kenaikan menjadi 151 ribu unit, atau naik 51,1 persen dibandingkan tahun 2020 lalu sekitar 100 ribu unit.

Dalam hal market share, penjualan ritel Daihatsu juga mengalami kenaikan menjadi 17,5 persen, atau naik sebesar 0,2 persen dibandingkan tahun 2020 lalu sebesar 17,3 persen.

Salah satu faktor utama kenaikan signifikan ini adalah berkat adanya dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui PPnBM DTP yang berlangsung sejak Maret-Desember 2021. Selain itu, sepanjang tahun 2021 terdapat kemunculan puluhan produk baru yang mewarnai industri otomotif tanah air.

Khususnya Daihatsu dengan kehadiran Rocky pada April, Terios Eco Idle (September), dan All New Xenia (November). Selama tahun 2021, terdapat 10 model teratas mobil berpenumpang paling laris, yang 50 persen di antara model tersebut merupakan hasil produksi ADM (PT Astra Daihatsu Motor).

Seperti Avanza, Rush, dan Calya ntuk brand Toyota, serta Sigra, dan Ayla untuk brand Daihatsu. Adapun selama 2021, model Daihatsu yang paling menjadi favorit pelanggan adalah Gran Max Pick Up sekitar 39 ribu unit, dan Sigra sekitar 38 ribu unit, disusul model Daihatsu lainnya.

"Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan peringkat dua penjualan ritel otomotif nasional selama 13 tahun berturut-turut. Semoga capaian positif ini dapat terus berlangsung, dan pasar otomotif nasional tahun 2022 ini terus bergairah," ujar Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.