Relawan GMT Salurkan 2.135 Paket Sembako di 7 Banjar dan 12 Dadia di Baturinggit dan Batudawa, Kubu | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 06 Agustus 2020
Diposting : 13 June 2020 05:48
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / RELAWAN - GMT saat menyerahkan bantuan sembako di Desa Batirunggit dan Desa Batudawa, Kecamatan Kubu Karangasem
balitribune.co.id | Amlapura - Relawan Semeton GMT kembali menyalurkan sebanyak 2.135 paket bantuan Sembako guna membantu meringankan beban ekonomi yang tengah dihadapi oleh masyarakat di tiga desa di Kecamatan Kubu yang merupakan wilayah paling tandus di Kabupaten Karangasem tersebut. Penyaluran bantuan dilakukan oleh Koordinator Lapangan relawan Semeton GMT, I Gusti Ngurah Gede Subagiartha (Gus Ode) bersama sejumlah relawan dengan dibantu I Wayan Dikep anggota DPRD Karangasem dari Fraksi Golkar bersama sejumlah tokoh masyarakat Kubu lainnya diantaranya I Wayan Rumantik, Jumat (12/6/2020).
 
“Untuk di Kecamatan Kubu bantuan kita salurkan di tujuh banjar dan 12 dadia yang tersebar di tiga desa,” ungkap I Gusti Ngurah Gede Subagiartha yang juga anggota DPRD Karangasem termuda dari Fraksi Nasdem ini. Dampak ekonomi akibat bencana Wabah Covid-19 ini sangat dirasakan oleh sebagian masyarakat di Kecamatan Kubu, banyak basyarakat yang tidak lagi bekerja karena dirumahkan oleh pihak perusahaan tempalt mereka bekerja, sementara para tukang dan buruh bangunan juga belum bisa bekerja akibat sepinya proyek.
 
“Selain itu saat ini juga musim kemarau, warga juga tidak bisa bercocok tanam sehingga kondisi ini juga makin menyulitkan utamanya bagi warga yang kurang mampu. Karena itu begitu ada usulan kami bersama para relawan GMT langsung memeroses dan menyiapkan bantuan sejumlah yang diusulkan agar sesegera mungkin bisa disalurkan,” ucap Gus Ode.
 
Pihaknya berharap sedikit bantuan yang disalurkan ini bisa membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak bencana wabah Covid-19 ini. Untuk di Desa Batudawa, Perbekelan Tulamben, GMT dibantu oleh I Wayan Dikep, dimana di desa ini disalurkan sebanyak 1.497 paket untuk selanjutnya disalurkan kepada warga di 7 banjar dan satu dadia, masing-masing, Banjar Adat Pempatan 219 paket, Bajar Adat Gargita Sari 72, Banjar Tukad Abu 334, Banjar Adat Kelisa Winangun 151, Banjar Adat Apad Sari 160 paket, Banjar Adat Mekarsari 175 paket dan Dadya Pasek Kayu Selem, Banjar Juntal Desa Kubu sebanyak 302 paket diterima Klian dadia I Nyoman Ngendon.
 
Sementara penyaluran bantuan di Desa Baturinggit, GMT dibantu oleh tokoh masyarakat setempat yakni I Wayan Rumantik sebanyak 638 paket, untuk di salurkan kepada krama 11 dadia, masing-masing, Dadia Arya Kenceng sebanyak 18 KK, Dadia Bendesa Manik Mas, Kayu Aya Sukadana, 64 KK, Dadia Sira Arya Gajah Para, Banjar Dinas Kubu sebanyak 31 KK, Dadia tangkas Kori Agung, Baturinggit, sebanyak 38 KK, Semeton pengempon Pura Goran, Kubu sebanyak 84 KK, Dadia Tangkas Kori Agung, Banjar Dinas Kubu Kangin 64 KK, Dadia Kayu Selem Desa Baturinggit, Kubu sebanyak 119 KK, Dadia Padang Subadra, Desa Kubu 51 KK, Dadia Dukuh Segening, Desa Baturinggit sebanyak 34 KK, Dadia Tangkas Kori Agung Cantung, sebanyak 80 KK dan  Dadia Pasek Bendesa sebanyak 83 KK yang diterima oleh masing-masing klian dadia.