Wujudkan Ketersediaan Air Bersih Untuk Masyarakat, Danrem 163/Wira Satya Resmikan Pompa Hidram di Penebel | Bali Tribune
Diposting : 4 April 2022 02:56
JOK - Bali Tribune
Bali Tribune/ PERESMIAN – Acara peresmian pengoperasian pompa hidram di wilayah Kodim 1619/Tabanan, di Desa Penebel, Tabanan.

balitribune.co.id | Tabanan - Masyarakat Sunantaya, Desa Penebel, Tabanan, akhirnya dapat bernapas lega setelah pengerjaan pompa hidram tuntas dilakukan secara gotong royong oleh sejumlah prajurit TNI dari Kodim 1619/Tabanan, yang bersinergi dengan aparat Polri, pemerintah daerah (Pemda), dan instansi terkait, serta masyarakat setempat selama 3 bulan lamanya.

Selama ini secara umum wilayah Provinsi Bali masih memiliki permasalahan air bersih yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun sebagai sumber mata pencaharian. Untuk itu, pihak TNI Angkatan Darst (AD) dan Kodam IX/Udayana menginisiasi pembangunan pompa hidram di sejumlah titik di wilayah Bali maupun Nusa Tenggara dengan menggandeng berbagai instansi dan Pemda setempat, yang bertujuan untuk mengatasi kesulitan rakyat.  

"Program, Pompa Hidram Kodam IX/Udayana saat ini menjadi bagian dari  program TNI AD melalui TNI AD Manunggal Air yang dicetuskan oleh Bapak Kasad pada 24 Maret 2022 lalu yang dilaksanakan oleh seluruh Kodam di seluruh wilayah Indonesia," ujar Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Choirul Anam, SE, MM, di sela meresmikan pengoperasian pompa hidram di wilayah Kodim 1619/Tabanan, di Desa Penebel, Tabanan, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, kehadiran Danrem 163/Wira Satya beserta rombongan disambut jajaran Forkopimda Kabupaten Tabanan diantaranya, Sekda Dr I Gede Susila, SSos, MSi, Dandim 1619/Tabanan Lekol Inf Ferry Adianto SIP, Kapolres Tabanan AKBP Ranefly Dian Candra, SIK, MH, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, SSos, Muspika Kecamatan Penebel (Camat, Danramil, dan Kapolsek), Perbekel Desa Penebel, Bendesa Adat Sunantaya serta masyarakat Dusun Sunantaya, Penebel, Tabsnan.

Ketika membacakan sambutan Bupati Tabanan, Sekda Tabanan menyampaikan rasa bahagia mendapat bantuan pompa hidram di Banjar Sunantaya, Penebel, Tabanan. "Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tabanan, kami  mengucapkan terima kasih, sehingga hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena saat ini pasokan air sudah masuk ke sejumlah rumah warga," katanya

Menurutnya, program ini sangat membantu mengatasi kesulitan rakyat dan diharapkan keberadaan pompa hidram ini dapat dipergunakan dan dirawat dengan baik, agar bertahan lama. Mengingat, air merupakan kebutuhan yang sangat vital, sehingga pihak Pemkab Tabanan dan seluruh komponen masyarakat mengapresiasi peran serta jajaran TNI yang turut membantu membangun Kabupaten Tabanan.

Bendesa Adat Sunantaya I Ketut Partana menambahkan, selama 15 tahun pihaknya mengadakan pembuatan pipanisasi untuk memasok air ke desa-desa tetapi tidak maksimal, sehingga hadirnya TNI yang bergotong royong dengan masyarakat melalui program pompa hidram ini berhasil mewujudkan ketersediaan air untuk masyarakat. Peresmiaan penggunasn pompa hidram tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Danrem 163/Wira Satya dan Sekda Tabanan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler