Bali Tribune, Minggu 22 Juli 2018
Diposting : 16 May 2018 15:20
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
Suzuki R4
Keterangan Gambar: 
Petinggi Suzuki R4 saat memperkenalkan All New Ertiga
BALI TRIBUNE - PT Sejahtera Indobali Trada (SIT) main dealer Suzuki R4 wilayah Bali resmi  All New Ertiga kepada masyarakat di Bali, Mall Bali Galeria  Selasa (15/5)
 
Peresmian mobil low MPV yang hadir dengan dua pilihan warna baru yang melengkapi lima warna dari versi sebelumnya, yaitu Glorious Brown Pearl Metallic dan Magma Grey Metallic. Warna lainnya terdiri dari Snow White Pearl, Radiant Red Pearl, Silky Silver Metallic, Burgundy Red Pearl dan Cool Black Pearl Metallic ditandai dengan pembukaan selimut penutup (Unveling) oleh petinggi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan SIT.
 
Manager Marketing PT SIT Hadis Furqon menjelaskan All New Ertiga hadir dengan tiga perubahan signifikan dari pendahulunya sesuai dengan hasil riset yang dari para konsumen, pertama  pada bagian ekterior yangg lebih elegan yang menyempurnakan tampilan, kedua incar entertainmen dan yang ketiga adalah kenyamanan dan keamanan dimana Ertiga menjadi trend setter penggunaan ABS dan EBD di ranah low MPV.
 
“ Dengan perubahan  yang significant ini , kami manargetkan penjualan perbulan dikisaran 150- 175 unit,” ungkap dia sembari menambahkan  All New Ertiga di Bali dibandrol dengan Rp 209.000.000 untuk tipe GA, Rp 229.000.000 untuk tipe GL MT, Rp 239.000.000 untuk tipe GL AT, Rp 239.000.000 untuk tipe GX MT, dan Rp 251.000.000 untuk tipe GX AT.
 
Dirinya optimis target ini bisa tercapai lantaran meskipun baru dilauncing, jumlah Indent telah mencapai 15 unit. Jumlah ini belum SPK saat launcing dan pameran.
 
Kepala wilayah SIT Isbowo mengungkapkan  All New Ertiga memiliki dimensi yang lebih panjang 130 mm, lebar 40 m, tinggi 5 mm dan lebih ringan. Desain progresif yang khas dengan grill bagian depan yang lebih tinggi dan lebar, garis bahu yang dinamis, lekukan yang lebih dalam, bodi yang aerodinamis, dan aksen krom yang halus.
 
 “Dari sisi desain interior bergaya premium dipadu dengan platform HEARTECT generasi baru mempertegas konsep All New Ertiga yang kuat sekaligus elegan. All New Ertiga juha hadir dengan mesin terbaru yang memberikan efisiensi maksimal dalan konsumsi bahan bakar,” ujarnya.
 
 All New Ertiga dilengkapi oleh Electronic Stability Program, yakni teknologi yang memadukan antara pengereman optimal & kestabilan saat melaju di jalan licin & berbelok dan mencegah over steer serta under steer. Selain itu juga dilengkapi dengan Hill Hold Control yang mencegah mobil mundur saat berada dipermukaan yang miring. Kemudian juga Anti-lock Braking System mencegah penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak di jalanan yang licin, serta Eletronic Brake force Distribution yang membagi besarnya gaya pengereman pada masing-masing roda sesuai beban & kondisi pada roda.
 
Sebagai wajah baru MPV di Indonesia, performa mesin All New Ertiga disempurnakan dengan mesin baru berkode K15B. Mesin ini memberikan lebih banyak tenaga menjadi 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi sebanyak 138Nm di 4.400 rpm. Dengan mesin baru ini, performa mobil lebih responsif saat berjalan di berbagai medan & irit BBM. Dari segi emisi, All New Ertiga memiliki Multi Point Injection yang sudah memenuhi standarisasi EURO 4. Berdasarkan ujicoba tes BT2MP hasil konsumsi bahan bakar All New Ertiga sebesar 16,73 km/liter untuk transmisi automatic dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual.
 
Menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang saat berkendara, All New Ertiga memiliki platform HEARTECT yang dapat meningkatkan faktor keselamatan, bodi lebih ringan dan irit bahan bakar. Tak ketinggalan fitur Suzuki Total Effective Control Technology (TECT), berupa keselamatan standar melindungi penumpang ketika terjadi benturan. TECT ini bekerja meredam benturan dengan baik meski materialnya berbobot ringan. All New Ertiga juga memiliki Side Impact Beam untuk memberikan perlindungan untuk penumpang jika ada benturan dari sisi samping.
 
Penyempurnaan kenyamanan penumpang dan kendali pada All New Ertiga, dihadirkan dua system platform suspensi yang masing-masing terletak di bagian depan dan belakang, yakni suspensi depan McPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring. Jika suspensi depan McPherson Strut mampu meredam guncangan secara signifikan saat berada di jalanan yang rata maupun bergelombang, suspensi belakang Torsion Beam menjaga kestabilan All New Ertiga saat  berbelok dalam kecepatan tinggi, sehingga meningkatkan kenyamanan saat pengendara maupun penumpang berada di dalam All New Ertiga.