Diposting : 21 January 2020 23:23
Husaen - Bali Tribune
Bali Tribune/ Angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan robohkan tiang listrik.
balitribune.co.id | Amlapura - Angin kencang menyapu wilayah Kota Amlapura, Selasa (21/1) kemarin, di BTN Wahyu Subagan, Lingkungan Galiran, Kelurahan Subagan, Karangasem, sebuah pohon santan besar tumbang menimpa rumah warga perumahan dan merubuhkan tiang listrik bertegangan tinggi, Kabel listrik yang terjuntai ketanah membahayakan warga dan anak-anak.
 
Menurut keterangan warga, pohon tersebut tumbang sekitar pukul 13.15 Wita yang sebelumnya didahului angin kencang. Tiba-tiba terdengar suara gemeretak yang disertai dengan suara hantaman keras.
 
Warga di dekat lokas kejadian yang saaat itu tengah berada di dalam rumah langsung keluar untuk mengecek arah suara tersebut, dan ternyata pohon santen berukuran besar yang ada di lahan kosong dibarat areal perumahan Blok D, tumbang dan menimpa rumah milik I Komang Suardana warga di perumahan.
 
Tidak hanya itu, tiang listrik beton PLN juga tumbang dan hancur tertimpa pohon tersebut. Kabel listrik induk PLN  yang masih teraliri listrik tersebut terjuntai ketanah di jalan perumahan. 
 
“Nah karena kabel listriknya berserakan di jalan dan masih teraliri listrik sehingga membahayakan, saya dan beberapa warga menutup sementara jalan di dekat lokasi kejadian agar tidak membahayakan warga,” ungkap I Wayan Sujana, salah satu warga di perumahan tersebut.
 
Rumah yang tertimpa pohon tersebut mengalami kerusakan pada bagian atap, antena parabola di halaman rumah tersebut hancur, pun demikian dengan pelinggih juga roboh tertimpa pohon. Sejumlah petugas dari BPBD Karangasem yang beberapa saat setelah kejadian itu tiba di lokasi kejadian tidak bisa langsung bergerak melakukan penanganan, lantaran kabel listrik bertegangan tinggi masih berserakan dan membahayakan.
 
“Anggota sudah sampai di lokasi kejadian, tapi karena ada kabel listrik dari tiang listrik yang roboh itu masih teraliri listrik, jadi anggota mengontak pihak PLN dulu untuk pemadaman arus di loaksi kejadian. Setelah itu baru penanganan bisa dilakukan oleh anggota,” tegas Kepala Pelaksana Harian, BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, kepada wartawan kemarin.
 
Kejadian pohon tumbang juga terjadi di Banjar Dinas Dharma Winangun, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu. Dimana pohon jenis santen tumbang dan melintang ditengah jalan. Anggota BPBD diterjunkan untuk melakukan penanganan.